Langsung ke konten utama

Pengertian Layer Session Pada OSI Layer



Layer Session merupakan lapisan kelima dalam model referensi jaringan OSI, yang mengizinkan sesi koneksi antara node dalam sebuah jaringan dibuat atau dihancurkan.


Lapisan session tidak tahu menahu mengenai efisiensi dan keandalan dalam transfer dan antara node - node tersebut, karena fungsi - fungsi tersebut disediakan oleh empat lapisan dibawahnya dari dalam model OSI ( Pysical layer, Data-link layer, Network layer dan Transport layer ).

sumber : stemjar.com

Lapisan session bertanggung jawab untuk melakukan sinkronisasi antara pertukaran data antar komputer, membuat struktur sesi komunikasi, dan beberapa masalah yang berkaitan secara langsung dengan percakapan antara node - node yang saling terhubung di dalam jaringan.

Berikut beberapa contoh protokol dan Interface pada layer session.

#1. Network File System ( NFS ) dibuat oleh Sun Microsystem dan digunakan dengan TCP / IP dan workstation UNIX untuk akses yang transparan ke sumber daya remote.

#2. Structured Query Language ( SQL ) dibuat oleh IBM untuk menyediakan kepada pengguna sebuah cara yang lebih mudah untuk mendefenisikan kebutuhan informasinya pada sistem lokal dan remote.

#3. Remote Procedure Call ( RPC ) sebuah utiliti atau tool untuk client - server yang digunakan untuk lingkungan layanan yang berbeda - beda. Prosedurnya dibuat di sisi client dan dijalankan di sisi server.

#3. Remote Procedure Call ( RPC ) sebuah utiliti atau tool untuk client - server yang digunakan untuk lingkungan layanan yang berbeda - beda. Prosedurnya dibuat di sisi client dan dijalankan di sisi server.

#5. AppleTalk Session Protocol ( ASP ) mekanisnya client atau server yang lain, yang membuat dan menjaga session antarclient dan server AppleTalk.

#6. Digital Neetwork Architecture Session Control Protocol ( DNA SCP ) sebuah protokol layer session dari DECnet.

#7. NETBIOS ( Netbios Extended User Interface ) merupakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM

Baca juga : Faktor Penyebab Kerusakan pada Jaringan Komputer

Jenis Komunikasi pada Session Layer

Dalam session layer ada 3 jenis komunikasi yang digunakan, yaitu komunikasi Simplex, Half - Duplex dan Full - Duplex.

#1. Simplex

Merupakan bentuk komunikasi yang sederhana dimana suatu data hanya dapat dikirim satu arah, sehingga tidak ada hubungan timbul balik antara komunikasi yang terjadi.

Maksud dari komunikasi satu arah adalah jika sebuah jaringan A mengirim data ke Jaringan B, maka Jaringan B tidak dapat mengirim data ke Jaringan A, begitu juga sebaliknya.

#2. Half - Duplex

Half - Duplex merupakan bentuk komunikasi dua arah, yang berarti meiliki suatu hubungan timbul balik diantara dua buah jaringan komunikasi.

Komunikasi dua arah berbeda dengan satu dimana cara komunikasi half duplex adalah ketika jaringan A mengirim data ke jaringan B, maka jaringan B juga dapat mengirim data ke jaringan A dengan syarat harus menunggu data A sampai terlebih dahulu, dan begitu juga sebaliknya.

#3. Full - Duplex

Berbeda tapi hampir sama dengan komunikasi half - duplex yang sama - sama bentuk komunikasi dua arah, jika half - duplex dilakukan secara bergantian sedangkan komunikasi full - duplex merupakan bentuk komunikasi dua arah yang bisa dilakukan sacara bersamaan, jadi komunikasi full - duplex dapat dilakukan dengan cepat.

Contoh dari komunikasi Full - Duplex adalah ketika jaringan A mengirim data ke jaringan B, maka jaringan B juga dapat mengirim data ke jaringan A, tanpa harus menunggu jaringan A selesai terlebih dahulu.

Itulah penjelasan mengenai layer session pada 7 Lapisan OSI Layer. tidak cukup dengan layer session saja masih ada 6 layer lagi yang harus kita pelajari dan semuanya bisa anda baca pada blog ini.

Baca juga : 5 Media Komunikasi Dalam Jaringan

Komentar