Langsung ke konten utama

Pengertian Layer Presentation Pada OSI Layer


Assalamu'alaikum wr wb,..


Layer presentation merupakan lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI ( Open System Interconection ). Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatkan dari layer aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.


Layer presentation juga bertanggung jawab untuk melakukan enkripsi data, komptesi data, konversi set karakter ( ASCII, Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya ), interpretasi perintah - perintah grafis, dan beberapa lainnya.

Fungsi dari layer presentation ini sesuai dengan namanya, yaitu menyajikan data ke layer application ( lapisan keetujuh ), dan bertanggung jawab pada penerjemahan data dan format kode ( program ).

Layar presentation pada dasarnya adalah penerjemah dan melakukan fungsi pengkodean dan konversi. Teknik transfer data yang berhasil adalah dengan mengadaptasi data tersebut ke dalam format yang standart sebelum di kirimkan.


Dikarenakan OSI memiliki standart protocol yang mendefinisikan bagaimana format data yang standart. Tugas - tugas seperti kompresi, dekompresi, enkripsi, dan deskripsi data, berhubungan dengan layer ini.

Berikut beberapa standart dari layer presentation juga mencakup operasi multimedia. Standart - standart berikutlah yang digunakan untuk mengatur presentasi grafis dan visual image.


Pict

Merupakan format gambar yang digunakan oleh program macintosh untuk melakukan transfer grafik QuickDraw.

TIFF ( Tagged Image File Format )

Merupakan sebuah format grafis standart untuk image yang memiliki bitmat resolusi tinggi.

JPEG

Merupakan standart foto yang dibuat oleh Joint Photographic Expert Group. Standart lain mengatur film dan suara.

Midi

Musical Instrument Digital Inferface ( Kadang disebut Musical Instrument Device Interface ), digunakan untuk membuat music digital.

MPEG

Standart Motion Picture Expert Group yang semangkin populer untuk kompresi dan coding video bergerak untuk CD. Ia menyediakan penyimpanan digital dan kecepatan bit sampai 1,5 Mbps.

Quiktime

Digunakan oleh program macentosh, mengelola aplikasi - aplikasi audio dan video.

RTF

Rich Text Format, merupakan sebuah file format yang memungkinkan kita melakukan pertukaran file text antar program pengolah kata ( word prosesor ) yang berbeda, bahkan antar sistem operasi yang berbeda.

Komentar