Langsung ke konten utama

Pengertian Layer Aplication Pada OSI Layer



Layer application pada model OSI merupakan tempat dimana user atau pengguna berinteraksi dengan computer. Layer application sebenarnya hanya berperan ketika dibutuhkan akses ke network. Sebagai contoh Internet Explorer, dan lain sebagainya.


Layer application hanya bertindak sebagai interface antar program aplikasi sebenarnya, dimana program aplikasi itu sendiri tidak termasuk dalam struktur layer aplication. Ini dilakukan dengan menyediakan beberapa cara bagi aplikasi tersebut untuk mengirimkan informasi ke layer bawah / layer selanjutnya melalui protocol tersebut.


Selain itu, layer aplication menggabungkan komponen komunikasi yang berasal dari beberapa aplikasi network. Sebagai contoh yang sering digunakan untuk transfer file dan email seperti halnya juga remote access, aktivitas manajemen network, proses client atau server dan information location.

Selanjutnya banyak aplikasi network menyediakan layanan komunikasi melalui network skala besar, akan tetapi untuk saat ini dan internetworking di masa mendatang, kebutuhannya telah berkembang begitu pesat dan akan segera mencapai titik akhir dari kemampuan network sekarang.


Saat ini pertukaran transaksi dan informasi di antara perusahaan sudah berkembang dan membutuhkan layanan aplikasi internetworking seperti berikut.

World Wide Web ( WWW )
Berfungsi untuk menghubungkan server - server dalam jumlah begitu banyak, hampir tidak terhitung jumlahnya ( dan setiap harinya slalu bertambah ) dengan format data berbeda. Kebanyakkan adalah multimedia seperti gambar, teks, video, dan suara.

E - Mail Gateway

Layanan serbaguna ini bisa menggunakan simple mail transfer protocol ( smtp ) yang berfungsi untuk mengirim pesan antar aplikasi e - mail yang berbeda.

Electronic Data Interchange ( EDI )

Merupakan gabungan dari standart - standart dan proses - proses khusus yang menyediakan aliran data atau accounting, pengiriman atau penerimaan, serta pelacakkan order atau inventori atau perusahaan.

Special Interest Bulletin Board

Mencakup banyak tempat chat di internet dimana orang bisa bertemu dan berkomunikasi dan mengirimkan pesan atau mengadakan percakapan secara interaktif. Juga dipakai untuk sharing perangkat lunak public domain.

Uliti Navigasi Internet

Mencakup aplikasi - aplikasi seperti Gopher dan Wais serta aplikasi mesin pencari ( Search Engine ) seperti Google dan Yahoo yang membantu pengguna mencari informasi yang mereka butuhkan di Internet.

Layanan Transaksi Finansial

Menargetkan komunitas finansial, layanan ini mengumpulkan dan menjual informasi - informasi yang berkenaan dengan masalah investasi, market tranding, komoditas, nilai tukar mata uang, dan data perkreditan kepada pelangganya.

Komentar