Langsung ke konten utama

Pengertian Layer Network Pada OSI Layer



Layer network merupakan lapisan ketiga  dalam model referensi jaringan OSI yang melakukan pencarian lokasi perangkat dalam suatu jaringan dan menentukan cara terbaik untuk memindahkan data, artinya layert network harus mengangkut lalu lintas antar perangkat yang tidak terhubung secara lokal.



Router merupakan salah satu perangkat yang berperan pada layer network dan yang menyediakan layanan routing dalam sebuah jaringan internetwork.

Berikut bentuk komunikasi pada layer network.

* Ketika sebuah paket diterima di sebuah interface router, alamat IP tujuan akan diperiksa.

* Jika paket tidak ditujukkan untuk router tersebut, router akan melakukan pengecekan alamat network tujuan pada routing table yang dimilikinya.

* Pada saat router memilih interface keluar untuk paket tersebut, paket akan dikirimkan ke interface tersebut untuk dibungkus menjadi frame data dan dikirimkan keluar jaringan lokal.

* Jika router tidak menemukan entri untuk jaringan tujuan di routing table, router akan membuang paket tersebut.

Ada dua jenis data digunakan di layer network, yaitu paket data dan paket update.

#1. Paket data

Paket data digunakan untuk mengangkut data pengguna melewati internetwork. Protokol yang digunakan untuk mendukung lalu lintas data tersebut routed protocols, contohnya IP dan IPX.

#2. Paket update rute

Paket update rute digunakan untuk melakukan update ke router terdekat tentang network - network yang terhubung ke semua router di internetwork. Protokol yang mengirimkan paket update rute disebut routing protocols. Contohnya adalah RIP, EIGRP, dan OSPF.
Paket update rute digunakan untuk membantu membuat dan mempertahankan routing table pada setiap router.

Baca juga : Konfigurasi Routing Eigrp pada router Cisco Packet Tracer

Layer network juga menyediakan layanan connectionless dan connection - oriented terhadap lapisan transport yang berada diatasnya. Layer network juga melakukan fungsinya secara erat dengan layer physical dan layer data - link dalam banyak implementasi protokol dunia nyata.

Komentar