Langsung ke konten utama

Perangkat Untuk Melindungi Komputer Dari Kerusakkan


Perangkat - perangkat pada komputer juga membutuhkan perangkat lain untuk menjaga agar perangkat - perangkat tersebut tidak mudah rusak, jadi ada beberapa perangkat penunjang yang dapat menjaga ketastabilan komputer anda yaitu perangkat yang berkaitan dengan pemakaian listrik untuk komputer.

Stabilizer



Stabilizer merupakan alat yang digunakan untuk menjaga tegangan arus listrik agar tetap stabil, arus yang stabil sangat dibutuhkan oleh peralatan elektronik seperti komputer, kulkas dan barang elektronik lainnya.

Voltase yang kurang stabil dapat menggangu kinerja dari komputer yang kita gunakan sehingga fungsi dan kegunaannya kurang maksimal dan dapat menyebabkan kerusakkan pada perangkat - perangkat komputer karena tegangan listrik yang tidak stabil atau turun naik.

Baca juga : Faktor Penyebab Kerusakan pada Jaringan Komputer

Automatic Voltage Stablizer atau yang biasa disebut AVR adalah salah satu komponen penting yang terdapat didalam stabilizer. AVR-lah yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan.

Untuk menentukan stabilizer apa yang harus kita gunakan hal yang utama kita lakukan adalah menghitung berapa beban listrik yang digunakan oleh komputer kita. Beban listrik masing - masing komputer berbeda- beda tergantung pada power supply pada komputer tersebut.

Untuk komputer kantoran biasanya menggunakan power supply dengan beban 250 - 400watt. Jika sudah diketahui beban penggunaannya, kapasitas stabilizer yang disarankan lebih besar 25% hingga 50% untuk cadangan daya fluktuasi listrik.


UPS ( Uninterrupable Power Supply )

Uninterrupltible Power Supply merupakan sebuah alat yang difungsikan untuk memback up aliran listrik ketika terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Maka alat ini akan berfungsi jika ada pemadaman listrik secara tiba - tiba.

Baca juga : Macam - Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya

Di dalam UPS terdapat batrei yang secara otomatis terisi ketika listrik mengalir malalui UPS, Ketika listrik padam batrei inilah yang akan menggantikan peran dari PLN.

Didalam UPS terdapat inverter yang akan mengubah arus DC menjadi arus AC sehingga aliran listrik yang dihasilkan dari batrei dapat digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik terutama komputer. Tentu dengan UPS ini dapat mencegah terjadinya kerusakkan pada perangkat - perangkat komputer ketika listrik padam, yang tentu dapat memberikan dampak negatif pada pekerjaan anda.

Referensi : www.indotara.co.id

Komentar