Langsung ke konten utama

Macam - Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya



Perangkat keras komputer merupakan bagian komputer yang dapat diraba dan dilihat secara fisik serta perangkat yang menjalankan intruksi dari perangkat lunak.

Untuk bisa menjalankan perangkat keras komputer dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya perangkat keras input, perangkat keras proses, perangkat keras penyimpanan, dan perangkat keras untuk kelistrikkan.

sumber : bandung komputer

Semua perangkat diatur / dirancang sedemikian rupa upaya bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Berikut beberapa perangkat keras pada komputer.

Casing


Merupakan perangkat komputer yang berada paling luar digunakan untuk meletakkan, menempelkan, beberapa perangkat komputer lainnya seperti Motherboard, Power Supply, Ram, Hardisk dan Sebagainya. Selain itu casing juga berfungsi untuk melindungi perangkat - perangkat yang berada dalam casing tersebut.

Motherboard


Motherboard atau mainboard merupakan tempat untuk memasangkan beberapa perangkat keras lainnya seperti Processor, Ram, Hardisk, Sound Card, LAN Card, dan lain - lain. Selain itu, motherboard juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat - perangkat yang terpasang pada motherboard bisa saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.

Prosessor
Central Processing Unit ( CPU ) atau Prosessor adalah sebuah perangkat keras komputer yang menjalankan proses dan sebagai pengendali kerja komputer dengan bantuan dari perangkat lunak ( softaware ) dan perangkat keras lainnya, prosessor sering disebut dengan otak dari komputer.

Prosessor bisa anda temukan di toko - toko komputer dan jika anda membeli prosessor hal yang anda perhatikan adalah socket yang digunakan pada motherboard komputer anda.

RAM
Random Access Memory ( RAM ) adalah komponen computer yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebuah program yang sedang di proses oleh perangkat lunak.

ROM
Read Only Memory ( ROM ) adalah perangkat keras komputer berupa sebuah chip memory yang bersifat non - volatile dimana data tidak akan hilang saat komputer dimatikan. Program atau data pada ROM tidak mudah hilang, karena program atau data yang terdapat pada ROM merupakan program bawaan dari pabrik pembuat komputer tersebut. Data yang terdapat pada ROM adalah BIOS ( Basic Input Output System ).

Harddisk


Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, semangkin besar kapasitas ukuran hardisk maka semangkin banyak pula data yang bisa disimpan pada komputer kita. Hardisk berupa media penyimpanan non - volatile data yang tersimpan pada hardisk merupakan data sistem operasi dan data pengguna.

Optical Disk Drive


Optical disk drive biasa di kenal dengan istilah CD / DVD ROM yang merupakan perangkat keras komputer yang menggunakan sinar laser atau gelombang electromagnetik untuk melakukan proses Read / Write data pada Optical Disk.

VGA Card
Video Graphics Array Card ( VGA Card ) merupakan perangkat keras yang berperan dalam hal kualitas grafik yang bagus dan berperan penting dalam memproses informasi grafis pada komputer anda dan kemudian menampilakan pada layar monitor.

VGA Card saling terhubung dengan CPU ( Central Processing Unit ) sehingga mampu untuk mengambil data dari CPU lalu kemudian memprosesnya sehingga dapat tampil di layar monitor komputer.

Sound Card



Sound Card merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

Sound card dibagi menjadi 3 bagian :

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangan di slot ISA PCI pada motherboard. Rata - rata sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port external, seperti USB atau FireWire.
Cara kerja dari sound card bermula ketika mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa mp3 atau .wav dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP ( Digital Sinyal Processing : Pengolah signal digital ) bekerja dengan DAC ( Digital Analog Converter : Konversi digital ke analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika anda merekam suara melalui microphone, suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi Analog ke Digital ). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan.
Sinyal digital ini disimpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav ( wave ) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3. | wikipedia

Power Supply




Powe Supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan konversi tegangan listrik dari AC menjadi DC, sehingga dapat dilakukan managemen ke sistem komputer terkait. Biasanya power supply terpasang pada bagian belakang casing komputer.

Keyboard

Keyboard juga dikenal dengan sebutan papan ketik yang merupakan perangkat keras untuk penginputan data oleh pengguna.

Mouse


Mouse merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menggerakkan kursor pada monitor komputer. Dalam mouse terdapat bola kecil ketika mouse digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke komputer sesuai pergerakkan mouse.

Monitor 


Monitor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting karena berfungsi untuk menampilkan output dari hasil pengolahan yang dilakukan oleh VGA Card, sehingga bisa dilihat oleh pengguna berupa gambar, text, ataupun video.


Komentar

  1. Videoslots | Vimeo
    Video slots YouTube Channel YouTube is the home for video slots, the ultimate slot experience. Find videodl free, หาเงินออนไลน์ real money slots, or play free casino games  Rating: 5 · ‎4 votes youtube mp3

    BalasHapus

Posting Komentar