Langsung ke konten utama

Pengertian Satuan Data Byte, Kilobyte, Megabyte Dan Gigabyte Pada Komputer



Komputer memiliki satuan dalam penyimpanan data, satuan tersebut terdiri dari bit, byte, kilobyte, megabyte, dan seterusnya. Satuan pada penyimpanan data memiliki batas tertentu jika sudah melebihi dari yang ditentukan maka satuannya akan berubah ke satuan selajutnya (yang lebih besar), jika kita bicara uang perhitungannya juga sama misalkan pada uang ada Satuan, Puluhan, ribuan, jutaan, miliar, dan seterusnya.  Jika pada satuan penyimpanan data komputer di mulai dari bit, byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, dan seterusnya.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan satuan penyimpanan yang terdapat pada komputer. Kita mulai dari satuan yang paling kecil dulu, dan berikut penjelasannya.


#Binery Digit / Bit

Binery digit ( Bilangan biner ) atau disingkat dengan bit merupakan satuan penyimpanan data komputer yang paling kecil. Bit hanya terdiri angka 0 dan 1, kelihatannya sederhana akan tetapi angka inilah yang mengalir terus dalam PC, berputar dari processor, motherboard, chip memory sampai ke perangkat - perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.


Bit mengalir sebagai sinyal - sinyal listrik, dimana angka 0 ( nol ) berarti off dan angka 1 ( satu ) berarti on. Begitulah, rangkaian data yang jumlahnya miliaran atau triliunan bit mengalir layaknya orang menekan tombol on / off secara berulang - ulang dengan sangat cepat. Bit jgua punya wujud fisik contohnya pada sebuah CD bit tampak sebagai bintik - bintik yang sangat kecil pada permukaan disk. Sinyal laser CD - ROM Drive memungkinkan akan membaca dan mengubahnya kedalam bentuk sinyal listrik pada komputer.

Baca juga : Faktor Penyebab Kerusakan pada Jaringan Komputer

Bit biasanya tidak berdiri sendiri, makna baru akan muncul ketika sudah terdiri dari beberapa bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan menggunakan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data angka, huruf, gambar dan sebagainya. Walaupun begitu kita sebagai pengguna komputer, tidak perlu mengetahui semua perhitungan pada sistem komputer, tapi kita sebagai pengguna perlu pemahaman  mengenai bit - bit yang terdapat pada sistem komputer.

#Byte

Satu byte terdiri dari 8 bit yang digabung menjadi satu. Byte juga satuan informasi yang lebih besar daripada bit. Istilah byte pertama kali digunakan dan diciptakan oleh Dr. Wernet Buccholz pada tahun 1956, dimana saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di IBM.

Sistem bilangan desimal didasarkan pada 10 angka ( 0 sampai 9 ), sistem bilangan biner hanya memiliki nilai angka yaitu 0 dan 1. Semua data yang diproses oleh komputer memiliki bentuk angka - angka 0 dan 1. Dalam komunikasi digital, kedua nilai ini mewakili tegangan. Salah satu penerapannya, dimana nilai dari biner nol digunakan untuk menyatakan ketiadaan voltase, dan nilai biner satu untuk voltase positif konstan.

Penting :

Byte dinyatakan dengan huruf 'B' besar, sedangkan bit dinyatakan dengan huruf 'b' kecil. Jadi byte merupakan satuan yang lebih besar dimana 1 Byte sama dengan 8 bit. Biasanya speed ( bandwith ) dinyatakan dalam bentuk bit, sedangkan untuk penyimpanan data biasanya menggunakan satuan Byte.

#Kilobyte / KB

KB atau kilobyte dimana kilo biasanya sama dengan 1.000 dan byte adalah satuannya. Tapi pada komputer satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, pada sistem komputer 1 kilobyte sama dengan 1.024 byte. Hal ini disebabkan karena komputer menggunakan bilangan basis 2 untuk perhitungan ( 0 dan 1 ), dan 1.024 byte didapatkan dari 2 pangkat 10.

Penting :

Biasanya orang banyak salah anggapan antara 'KB' dengan 'Kb'. Sebelumnya juga sudah dijelaskan perbedaan dari kedua satuan ini.

KB merupakan singkatan dari Kilobyte karena 'B' setelah huruf K menggunakan huruf besar, dimana 1 Kilobyte sama dengan 1.024 Byte. Sedangkan Kb adalah singkatan dari Kilobit, dimana 1 Kb sama dengan 1.024 bit. Maka, 1.024 bit sama dengan 128 Byte ( 2.024 / 8 ), karena 1 Byte sama dengan 8 bit. 

#Megabyte / MB

Satuan megabyte lebih dikenal dengan sebutan 'mega'. Satu megabyte sama dengan 1.024 KB atau 1.048.576 Byte, dibacanya bukan satu juta byte. Karena pada komputer akan dihitung dan dibaca dengan satuan MB. Misalkan 64 MB, 128 MB, 512 MB dan seterusnya. MB merupakan singkatan Megabyte berbeda jika ditulis Mb yang berarti Megabit.

#Gigabyte / GB

Selain KB dan MB sekarang GB. Gigabyte atau disingkat dengan GB juga merupakan satuan unit informasi yang menunjukkan ukuran atau daya penyimpanan komputer. Satuan gigabyte sama dengan 10 pangkat 9 ( 1.000.000.000 / satu miliar ) atau 2 pangkat 20 ( 1.073.741.824 ) byte.

#Terabyte / TB

Terabyte merupakan satuan unit informasi yang menujukkan ukuran atau daya penyimpanan komputer yang lebih besar dari Gigabyte. 1 Terabyte setara dengan satu triliun byte atau 1.000 Gigabyte. Dengan satu terabyte kita bisa menyimpan sekitar 3.6 juta gambar ukuran kilobyte atau bisa menampung 300 jam video yang berkualitas baik.

#Petabyte / PB

Petabyte biasa dingkat dengan PB yaitu satuan unit informasi atau penyimpanan komputer yang sama dengan 1.000 terbyte, atau sama dengan satu juta gigabyte. Dengan 1 petabyte kita bisa memiliki kurang lebih 20 juta lemari arsip 4 pintu penuk teks.

#Exabyte

Jika ukuran data melebihi dari petabyte maka data akan disimpan dalam satuan Exabyte. 1 Exabyte sama dengan 1.000 petabyte, dan sebanding dengan 1 miliar gigabyte. Telah dikatakan bahwa 5 exabyte akan sama dengan semua kata yang pernah diucapkan oleh umat manusai.

#Zettabyte

Sebuah data yang berukuran 1 zettabyte sama dengan 1.000 exabyte. Akan tetapi sampai dengan tahun 2011, tidak ada sistem penyimpanan yang telah mencapai satu zettabyte. Gabungan dari semua hard drive komputer di dunia diperkirakan hanya 160 exabyte pada tahun 2006.  Ini pun telah meningkat pesat namu, selama tahun 2011, Seagate yang merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang produk - produk komputer melaporkan telah menjual total gabungan dari 330 exabyte dari hard drive. Ini tidak termasuk pengiriman dari produsen lain, dan hanya mencakup yang dijual selama 2011.

Pada tahun 2009, seluruh internet diperkirakan mengandung hampir 500 exabyte yang merupakan baru setengah dari zettabyte.

#Yottabyte

Sebuah yottabyte sekitar 1.000 zettabyte. Akan membutuhkan waktu sekitar 11 triliun untuk mendowload file berukuran yottabyte dari internet menggunakan broadband daya tinggi.

Dan pada tahun 2011, tidak ada sistem penyimpanan telah mencapai salah satu dari zettabyte, apalagi satu yottabyte. Bayangkan kalau kita memiliki paket internet berukuran 1 yottabyte, butuh berapa keturunan supaya kita bisa menghabiskannya.

Demikian lah artikel mengenai satuan - satuan ukuran yang digunakan komputer untuk menyimpan data. Sebenarnya masih ada lagi ukuran yang melebihi Yottabyte, untuk sekarang saya kira cukup sampai dengan Yottabyte.

Referensi : wikipedia | Dumai Pelindo

Komentar