Langsung ke konten utama

Pengertian Web Statis dan Web Dinamis


Kita tidak akan jauh dari Internet tapi apalah daya Internet tanpa adanya Web, pada postingan sebelumnya saya juga pernah posting penjelasan mengenai Web.

Baca juga : Pengertian dan Pemahaman mengenai Web

Pada postingan ini saya akan menjelaskan beberapa jenis Web yang digolongkan menjadi 3 bagian yaitu : Web Statis, Web dinamis, dan Web Interaktif.



Pengertian Web Statis

Web Statis merupakan situs web yang memiliki isi atau content yang tidak dimaksudkan untuk di perbarui secara berkala, sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual.
Jadi, web statis adalah web yang isinya tidak bisa dirubah oleh pengguna, interaksi dari pengguna dan server hanyalah sebuah pemprosesan link saja. Halaman-halaman pada situs web tersebut tidak memiliki database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah kecuali diubah sintaknya. Untuk merubah isi dari web statis juga diperlukan ke ahlian khusus, sehingga tidak dapat dirubah oleh orang-orang awan.

Ini di karenakan isi dari web statis dibuat menggunakan script seperti HTML dan CSS. Jadi untuk melakukan perubahan isi dari web statis harus merubah isi file HTML atau CSS tersebut. Maka dari itu perubahan dari isi web statis hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yangn ahli dalam HTML dan CSS atau biasa disebut dengan Programmer.


Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis :


  1.  Penyunting teks yang merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya : Notepad atau TextEdit.
  2. Penyuting WYSIWYG ( What You See Is What You Get ) merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainnya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara langsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. Perangkat lunak ini misalnya : Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
  3. Penyunting berbasi Template yang merupakan beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web sepereti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih template yang akan digunakan oleh ulititas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halaman web secara otomatis.
Pengertian Web Dinamis

Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didesain agar isi atau content dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Isi yang terkandung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu.

Contoh dari situ ini adalah situs berita yang pada umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

Berbeda dengan Web Statis, pengimplementasian situs web dinamis biasanya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hali ini disebabkan karena pada situs web dinamis, halaman web baru akan dibuat jika ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah berbentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.

Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa sktrip ( PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya ), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.


Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. sedangkan berkas - berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.

Situs Web Interaktif

Situs Web Interaktif merupakan situs web dua arah yang memungkinkan pengguna bisa berintegrasi dan saling beradu argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Situs web ini merupakan situs web yang sedang booming pada era saat ini. Contoh dari situs web interaktif adalah Wordpress, Blogger, Forum, Dll.

Komentar