Langsung ke konten utama

Pengertian dan Pemahaman mengenai Web


Kalau kita berbicara mengenai internet pastinya yang langsung terpikir adalah google, karna google merupakan mesin pencari terpopuler dan terbesar untuk saat ini. Ketika kita mencari informasi apapun melalui google maka kita akan di tujukan kepada web-web yang menyediakan informasi tersebut. Jadi kalau disimpulkan Internet jaringannya, google mesin pencari informasi sedangkan web yang menyediakan informasi.


Salah besar jika ada yang beranggapan googlelah yang menyediakan informasi yang kita cari. Yang menyediakan informasi pada jaringan internet merupakan web-web yang dikelola oleh perorangan dan juga perusahaan. Tapi google juga punya web, seperti google(dot)com, youtube, dan lain-lainnya.
Sebuah web harus memiliki alamat (domain) dan juga nama, seperti : Wikipedia dengan alamat wikipedia(dot)org.


Begitulah sedikit pehamahan mengenai web yang ada di jaringan internet, supaya lebih paham saya akan rangkum hal-hal yang berkaitan dengan web.

Pengertian web

Situs web adalah suatu halaman web yang
saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan mulai dari perorangan, kelompok, atau organisasi.

Sebuah situs web biasanya ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan internet, melalui alamat internet yang lebih dikenal dengan domain,url,alamat web. Gabungan dari semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula dengan www (world wide web).

Secara umumnya kita dapat mengakses semua situs yang berada di jaringan Internet, akan tetapi juga ada situs web yang mewajibkan pengujungnya untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota terlebih dahulu, bahkan ada juga meminta pembayaran untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs tersebut. Seperti situs dari pornografi, situs berita, surel (email), dll. Pembatasan akses tersebut karena alasan keamanan, privasi, atau tujuan komersial tertentu. Sumber | wikipedia

Kriteria dari sebuah web

Menurut ADAS (Academy of Digital Arts & Sciences) sang penyelenggara Webby Award memberitahukan ada 6 kriteria yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah web.

Berikut Kriteria-kriteria dari web !


Content

Content atau isi dari sebuah web ibaratkan jantung pada manusia. Denyutan jantung sama dengan isi yang slalu berganti dan segar karena slalu up to date. Jika sebuah situs yang tidak pernah memperbarui isi atau contentnya berarti sudah mati, seolah sudah menjadi bangkai di belantara internet.

Kebanyakan isi dari sebuah situs web adalah tulisan, akan tetapi ada juga berupa gambar, video, suara, dll. Gaya bahasa dari tulisan tidak harus sesuai aturan, akan lebih baik disesuaikan dengan tema dari web dan targer audience.

Stuktur dan Navigasi


Struktur dan Navigasi adalah peta sekaligus menu penunjuk jalan. Inilah pentingnya sebuah konsep perencanaan, karena sifatnya jarang sekali diubah, maka harus dipikirkan secara matang. Jika sebuah web isinya sangat beragam maka perlu dikelompokkan.

Syarat menu atau navigasi yang baik : mudah dipelajari, tidak berubah-ubah, label dan teks jelas untuk dipahami, menawarkan alternatif lain tapi tidak membingungkan.

Desain Visual

Tampilan merupakan hal yang utama. Kesan pertama haruslah menggoda sehingga pengujung akan slalu bersemangat untuk mejelajahi semua content yang ada. Tampilan tersebut juga harus relevan dengan tema serta berukuran sekecil mungkin untuk meningkatkan kecepatan dari situs kita.

Kebanyakkan pengunjung tidak cukup waktu untuk menunggu, jika terlalu lama maka tombol close atau berpindah web akan dilakukan. Ditambah lagi dengan pengunjung yang sangat mementingkan bandwith seperti lewat seluler atau lokasi terpencil.

Desain visual berupa dari perpaduan pemilihan warna, gambar, text dan layout yang cantik. Animasi juga dibutuhkan asalkan proporsional.

Fungsionalitas

Banyaknya browsher menjadi masalah tersendiri bagi pembuat web. Dikarenakan pengunjung juga terkadang memperhatikan tampilan desain dan fungsi-fungsinya pada browsher yang berbeda.

Interaktivitas

Kita tentunya tidak ingin kalau web yang kita buat hanya terlihat seperti koran atau brosur statis, bisu dan membosankan. Maka aspek interaktif sangat diperlukan yakni : link dan feedback. Dengan
menampilkan link atau related link maka situs terkesan hidup tidak sendirian.

Overall Experience

Tidak semua bagian dari situs menarik, akan ada tempat-tempat favorit yang ditunggu oleh para pengunjung. Maka kita perlu menganalisa para pengunjung dari situs kita. Seorang pengunjung yang terkesan dengan situs kita tentunya tidak akan segan-segan membagikan situs kita kepada yang lain (share), mengingat domain, dan memberikan feedback.

Tempat Hosting yang terjamin

Hosting merupakan tempat yang kita sewa untuk menyimpan web dan database yang telah kita buat. Sewa yang ditawarkan penyedia jasa hosting biasanya dalam rentang waktu bulanan dengan spesifikasit tertentu seperti : space, bandwith, mail, pop3, database, milist, report, dsb.
Jangan tergiur dengan hosting dengan harga yang murah, karena bisa jadi penyedianya tidak jelas.


Nama Domain / Alamat web

Pemilihan nama domain sebaiknya tidak asal-asalan atau sembarangan. Karena dengan sebuah nama domain itulah kita dapat diingat oleh pengunjung web kita.
Akhiran dari nama domain dapat disesuaikan dengan content web yang dibuat. Seperti sebuah web yayasan atau organisasi yang seharusnya berakhiran dengan .org atau or.id. Untuk web yang berisikan bisnis .com adalah solusinya.

Komentar