Langsung ke konten utama

Jenis - Jenis Kesalahan Pada Perangkat Lunak ( Software )


Kesalahan bagian software berhubungan dengan kesalahan bagaimana setting dan konfigurasi jaringan yang berkaitan dengan system operasi baik pada komputer server maupun komputer workstation ( client ) yang digunakan, jenis protokol yang dipakai serta topologi jaringan.


Berikut permasalahan yang sering muncul pada bagian software ini pada umumnya bisa dikelompokkan atas :

Kesalahan setting konfigurasi jaringan.

Kesalahan setting konfigurasi sering terjadi pada kartu jaringan yang menggunakan model ISA karena kita harus menentukan :

a. Alamat Port I / O
b. Nomor Interupt
c. Direct Memory Access Request Line
d. Buffer memory address.


Berbeda jika menggunakan kartu jaringan model PCI karta kita tidak perlu melakukan settingan karena sudah tersedia secara otomatis.

Kesalahan Protocol Jaringan

Kesalahan jenis ini sering terjadi pada kartu jaringan jenis ISA karena penentuan penentuan harus dilakukan secara manual. Berbeda halnya jika kita menggunakan kartu jaringan model PIC, kesalahan tersebut tidak akan terjadi apabila kita sudah menginstall driver dengan benar.

Kesalahan Pengelamatan IP

IP Address dalam jaringan tidak diperbolehkan sama karena merupakan identitas dari sebuah komputer untuk saling bertukar data, jika terjadi alamat yang sama maka kedua komputer tersebut tidak dapat mengakses jaringan karena berebutan nomor / alamat IP.

Untuk melihat alamat ip anda, bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk windows :
 - Tekan secara bersamaan tombol R + Lambang Windows pada keyboard
 - Ketikkan CMD
 - Ketikkan perintah 'ipconfig' tanpa tanda petik.


Kesalahan identifikasi client dan server komputer

Penentuan antara komputer server dan komputer client harus jelas jika kita menggunakan topologi client - server. Berbeda jika kita menggunakan sistem jaringan peer to peer yang tidak ada penentuan komputer client dan komputer server.

Kesalahan service network ( file and print sharing )

Service network ( file and print sharing ) yang tidak aktif bisa dikarenakan file and print sharing yang kita hubungi sedang tidak aktif atau kita belum melakukan file and print sharing.

Kesalahan security system

Kesalahan pemasukkan password pada saat kita hendak login dalam jaringan bisa juga menyebabkan kita tidak dapat masuk dalam jaringan karena kesalahan pengamanan yang kita lakukan.

Kerusakkan file program

Kerusakkan file program yang menyebabkan sistem operasi tidak bisa berjalan atau menyebabkan kartu jaringan tidak dapat bekerja atau tidak aktif.

Untuk melakukan perbaikan kesalahan - kesalahan atau kerusakan tersebut dapat kita lakukan dengan melakukan setting ulang software yang sesuai dengan ketentuan dalam jaringan tersebut.

Berikut beberapa kasus yang sering disebabkan oleh sistem operasi networking :


- Tidak bisa login

Tidak bisa login ke dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan.

- Tidak menemukan komputer client pada daftar network neighborhood

Apabila secara hardware dan software tidak ada masalah komputer harus dihidupkan ulang atau restart untuk menyimpan semua data yang telah kita update ke sistem operasi.

- Tidak bisa sharing file atau printer.

Sharing file atau printer adalah membuka akses agar komputer lain dapat mengakses atau melihat data kita. Tidak dapat sharing file atau printer dapat dikarenakan data atau printer tersebut belum di sharing.

- Tidak bisa install network adapter

Kasus ini biasanya disebabkan oleh software kartu jaringan yang tidak sesuai antara driver dengan kartu jaringan atau pemasangan kartu jaringan yang tidak sempurna pada mainboard sehingga kartu jaringan tersebut tidak terdeteksi pada komputer kita.

Hal yang harus kita lakukan adalah cek kembali kartu jaringan apakah sudah terpasang dengan benar atau kartu jaringan telah terinstall dengan driver bawaannya.

5. Komputer lain tidak dapat masuk ke komputer kita.

Komputer lain yang tidak dapat masuk ke komputer kita padahal komputer kita dapat masuk ke komputer lain disebabkan karena kita belum melakukan sharing data atau sharing printer.

Kasus - kasus tersebut dapat teratasi apabila tidak terjadi kesalahan - kesalahan software pada saat kita melakukan setting kartu jaringan. Setting kartu jaringan sangat penting untuk terjadinya hubungan antar komputer, apabila terjadi kesalahan maka menyebabkan komputer tersebut tidak dapat terhubung ke dalam jaringan.

Pengecekan kesalahan harus dilakukan satu persatu dengan teliti sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada jaringan tersebut di antaranya pemberian nomor IP dan subnetmask pada protocol yang digunakan, nama workgroupnya dan sebagainya.

Komentar