Langsung ke konten utama

Pengertian dan Pemahaman mengenai Sketchup


Apa itu aplikasi sketchup ?

Kesempatan hari ini saya membahas mengenai software yang bernama sketchup, yang merupakan sebuah perangkat lunak 3D yang sering digunakan untuk merancang suatu bangunan. Berikut saya bahas mengenai software tersebut !


Pengertian

Sketchup merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble. Pendesain ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di 3D Warehouse. | Wikipedia


Sejarah singkat mengenai Sketchup

Sketchup dikembangkan oleh perusahaan startup @ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk tahun 1999. Pada tahun 2000 difungsikan sebagai alat dalam desain 3D. Dan pada tahun 2000 pula sketchup memenangkan Commty Choice Award di trade show dalam kategori software 3D, pada sebuah pameran pada tahun 2000.

Pada tahun 2006 google mengklaim perusahaan last software, karena ia  tertarik untuk mengembangkan plugin Google Earth. Pada tanggal 9 Januari 2007, Sketchup 6 rilis, dan menampilkan alat-alat baru serta versi beta Google Sketchup LayOut. LayOut termasuk alat vektor 2D, serta tata letak halaman untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa melompat ke program presentasi pihak ketiga.

Tanggal 17 November 2008, sketchup 7 diliris, menampilkan beberapa perbaikan, dan integrasi Browser komponen Sketchup dengan Google 3D Warehouse, komponen yang lebih dinamis yang merespon tepat untuk scaling dan peningkatan kinerja API ruby. Serta dukungan untuk windows 2000 juga dihapus.

Tanggal 1 September 2010, sketchup 8 rilis. Perbaikan meliput igeolocation model dengan Google Maps, citra warna dan medan yang lebih akurat, dan mendukung untuk versi Mac OS.

Pada tanggal 26 April 2012, Trimbel akan mengumumkan untuk membeli Sketchup dari Google. Kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam menjalankan dan mengembangkan lebih lanjut Sketchup. Dan pada tanggal 1 Juni 2012, Trimble menyelesaikan akuisi Sketchup dari Google.

Dengan berkembangnya software sketchup dan mempunyai banyak manfaat dalam desain grafis, serta perangkat lunak ini juga cukup mudah digunakan dikarenakan menu-menu yang terdapat dalam sketchup cukup mudah dimengerti, sehingga dengan menggunakan sketchup segala urusan desain 3D bisa diselesaikan lebih cepat.

Sofware sketchup tersedia dalam dua Versi

Sketchup Make (Gratis) bisa anda gunakan tanpa harus keluar modal banyak. Untuk menggunakan sketchup secara gratis bisa anda kunjungi situs sketchup itu sendiri, atau klik disini <<<

Versi gratis web 

Sketchup Pro (Berbayar) merupakan aplikas sketchup versi berbayar, menurut wikipedia sketchup pro dihargai 590 USD. Tentunya untuk versi yang berbayar anda bisa menggunakan tool-tool apa saja, berbeda dengan sketchup make yang secara pemakaian anda dibatasi.



Jika anda seorang pemula yang ingin mempelajari sketchup saya menyarankan untuk menggunakan sketchup versi gratis terlebih dahulu.

Sketchup cukup mudah di gunakan untuk pemula sekalipun, tentu di dasari beberapa kelebihan dari sketchup itu sendiri, berikut beberapa kelebihan dari sketchup untuk desain suatu bangunan :


  • Interface yang sangat menarik dan sederhana
  • Mudah digunakan untuk pemula sekalipun
  • Tools yang terdapat pada sketchup, cukup mudah di ingat.
  • Banyaknya open source dan plugin yang mendukung kinerja google sketchup.
  • Aplikasi 3D yang sangat ringan untuk komputer yang berbasis standart.
  • Terdapat fitur import file ke eks sperti 3ds, dwg, pdf, jpg, dll.
  • Dapat dengan mudah mendapatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya melalui 3D Warehouse, bahkan juga bisa mengungah hasilnya ke 3D Warehouse.
Selain memiliki beberapa kelebihan sketchup juga memiliki beberapa kekurangan :

  • Susah dalam pemodelan tingkat lanjut mesking menggunakan plugin
  • Bisa terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex.


Itu saja pembahasan saya mengenai sketchup, berikutnya saya akan memperkenalkan tool-tool dasar pada sketchup.

Komentar