Langsung ke konten utama

Cara Membuat Denah Rumah Minimalis dengan Sketchup



Pada kesempatan hari ini saya akan membuat tutorial mengenai Sketchup, yang merupakan aplikasi untuk mendasain suatu bangunan. Di postingan ini saya akan membuat tutorial bagaimana membuat sebuah denah rumah minimalis dengan ukuran 10 x 16 m dengan menggunakan aplikasi tersebut.



Pada tutorial ini saya mengambil sebuah gambar yang saya download dari google sebagai panduannya.

Tanpa basa-basi nan panjang ataupun lebar langsung saja ke langkah tutorialnya.

1. Langkah pertama adalah mengimport gambar yang telah saya ambil dari google.
    Masuk ke menu file > Import > Pilih gambarnya > Import.
    

2. Selanjutnya rubah ukuran satuannya menjadi cm.
    Klik menu window > Model Info > Unit


3. Langkah selanjutnya saya akan membuat garis bantu supaya lebih mudah untuk pengerjaannya.
    Klik tool Tape Measure Tool.


4. Jika sudah selesai, sekarang buat bidangnya. Disini saya menggunakan tool Rectangle ataupun Line.

 

5. Jika sudah selesai, anda bisa menghapus garis bantu atau bisa juga anda hilangkan garis tersebut dengan cara menyembunyikannya. 

Klik menu View > Gridline



6. Selanjutnya kita edit dengan untuk bagian pintu dan kamarnya ataupun bagian terasnya. Dengan memanfaatkan tool Erase, line, ataupun Rectangle.


Jika kita hendak menghapus suatu bidang jangan lupa untuk menutup dengan garis supaya bidang lainnya tidak ikutan terhapus.


Jika kita hendak menghapus suatu bidang jangan lupa untuk menutup dengan garis supaya bisa lainnya tidak ikutan terhapus.

Contoh :
Perhatikan gambar berikut ! 

Jika kita menghapus bidang utama maka bidang di garis 2 tidak akan terhapus, jika tidak ada garis 2 dan menghapus bidang utama makan bidang di garis 2 juga akan terhapus. Pahamkan :) Maka garis adalah segalanya :D


7. Sekarang kita buat pintunya dengan menggunak tool 2 Point Arc.


8. Jika sudah selesai selanjutnya kita buat bagian furniturenya seperti meja makan, tempat masak dan lain sebagainya.
    Bisa anda gunakan tool line ataupun tool 2 Point Arc.


9. Tampilan masih biru ya, sekarang kita rubah menjadi warna putih supaya lebih kelihatan keren pastinya :)
  Blok semua > Klik kanan > Reserve face


10. Jika sudah selanjutnya kita buat garis pinggirnya menjadi hitam.
      Klik tool Paint Bucket > Pilih warna hitam atau warna kesukaan anda.


11. Jika sudah, selanjutnya kita buat teksnya supaya kita tau ini ruangan apa dan ini tempat apa.
      Klik tool Text > buat teksnya > pilih move untuk memindahkannya.


12. Supaya kita tau ukuran atau jaraknya berapa kita bisa menggunakan tool Dimension.
      

Dah, sudah selesai sudah denah yang kita buat. Jika anda bingung bisa anda tuliskan pada komentar. Aplikasi skethcup tidaklah rumit, tapi bakalan rumit jika kita tidak mau berusaha.



Masih bingung dengan tutorial saya ?

Tanyakan saja melalui kolom komentar, insya allah di respon dengan cepat. Ok, itu saja tutorial saya lebih dan kurangnya saya minta maaf, dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar