Langsung ke konten utama

Pengertian modem berserta kelebihan dan kekurangannya

Untuk dapat berkomunikasi melalui internet, selain menggunakan sebuah komputer kita juga memerlukan sebuah alat yang bernama modem. Oleh karena itu, sudah menjadi standart sebuah unit komputer telah dilengkapi dengan modem.


Pengertian Modem

Modem singkatan dari modulator-memodulator. Modem merupakan sebuah alat yang memungkinkan sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jalur line telepon.

Jika pada line telepon hanya dapat mengirim data berupa suara/analog, modem dapat menerjemahkan sinyal komputer yang berbentuk digital menjadi analog dan menerjemahkan kembali dari sinyal analog/suara kepada sinyal komputer yang berbentuk digital.


Sebuah model dilengkapi dengan fasilitas kompresi data (data compression) yang memungkinkan komputer dapat mengirimkan data lebih banyak oleh sinyal atau gelombang analog melalui line telepon. Hal ini di sebabkan kompresi data dapat mengurangi ukuran pertukaran file sampai separuhnya pada saat data dikirim.

Selain itu modem juga dilengkapi dengan koreksi kesalahan ( error detection ) yang berfungsi untuk memeriksa dan memastikan data informasi yang diterima modem sama dengan data yang dikirim.

Dengan adanya kompresi data dan error detection tersebut kinerja komputer bisa dipastikan semangkin meningkat pada saat berkomunikasi pada jaringan.

Fungsi Modem


Modem merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang dapat merubah sinyal digital menjadi sinyal analog begitupun sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Atau lebih singkatnya adalah sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

Jenis - Jenis Modem

Menurut bentuk dan pemasangannya, modem dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

#1 Modem Internal 

Jenis modem ini terletak atau dipasang di dalam komputer. Modem ini berbentuk seperti kartu (card) yang dilengkapi dengan jack telepon yang diapsang pada slot ekspansi ISA atau PCI pada mainboard komputer. Modem jenis ini dilengkapi dengan pengeras suara dan bentuknya persis seperti VGA Card.

Kelebihan dari modem internal
  1. Modem ini terpasang langsung dengan slot yang ada di dalam motherboard sebagai penggunaan mdoem jenis ini tidak memerlukan tempat khusus.
  2. Tidak memerlukan adaptor karena kebutuhan daya listrik sudah disediakan oleh komputer itu sendiri.
  3. Penggunaan modem ini lebih berkesan ringkas, praktis, dan rapi karena tidak adanya kabel-kabel yang melintang.
  4. Harganya lebih murah.
Selain memiliki kelebihan modem internal juga memiliki kekurangan, berikut kekurangan dari modem internal.
  1. Lebih sulit pada installasinya. Hal ini di sebabkan karena port seri built-in yang dapat bertentangan dengan port seri yang sudah di install di motherboard atau komponen/hardware lainnya.
  2. Lebih sulit untuk menentukan kondisi modem karena tidak adanya lampu indikator yang dimiliki modem.
  3. Panas yang terjadi pada modem akan menambah panas pada komponen hardware lainnya karena daya listrik diperoleh dari power supply pada komputer. Hal ini bisa mempercepat kerusakkan pada hardware lainnya.
  4.  Mengorbankan sebuah slot pada mainboard sehingga akan berkurang slot yang akan digunakan untuk hardware lainnya.
#2 Modem Eksternal

Sesuai dengan namanya sendiri modem jenis ini posisinya berada diluar motherboard. Modem ini berbentuk seperti kotak kecil yang memiliki interface komunikasi RS232 yang dihubungkan ke motherboard melalui port COM atau USB.

Selain itu, modem ini juga dilengkapi dengan penyambung kabel ke line telepon (RJ-11). Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor.

Modem ini juga dilengkapi dengan lampu indikator yang terletak pada panel depan untuk menentukan status kerja modem.

Kelebihan dari modem eksternal :
  1. Tidak perlu slot ekspansi yang digunakan sehingga slot ekspansi tersebut dapat digunakan untuk hardawre atau komponen lainnya.
  2. Mudah untuk dipindah-pindahkah sehingga dapat dibawa dan digunakan untuk komputer lainnya.
  3. Dilengkapi dengan lampu indikator sehingga kita dapat melihat dengan langsung kinerja dari modem.
  4. Panas yang terjadi pada modem tidak memengaruhi atau menambah panasnya komponen atau hardware lainnya, karena menggunakan adaptor sehingga sumber tegangannya terpisah dengan komponen atau hardware yang ada pada motherboard.
  5. Installasi lebih mudah karena biasanya hanya cukup dengan memasang kabel ke modem dan port seri di komputer serta memasang adaptor dan hubungan ke saluran telepon.
Adapun kekurangan dari modem eksternal sebagai berikut :
  1. Modem ini memerlukan tempat untuk meletakkannya walaupun kecil.
  2. Penggunaan modem ini terkesan tidak praktis dan tidak rapi karena banyaknya kabel yang digunakan.
  3. Harganya lebih mahal.

Satuan Kecepatan Modem

Kecepatan dari sebuah modem ditentukan dengan satuan bit per second (bps), yaitu banyaknya data atau intruksi yang dapat ditransfer dalam satu detik. Mangkin tinggi kecepatan modem yang digunakan maka makin tinggi juga kecepatan komputer dalam mengolah data informasi internet sehingga dapat mempersingkat waktu koneksi yang akhirnya akan menghemat biaya pulsa telepon.

Ukuran modem yang dianjurkan minimal 56Kbps. Jika kecil dari itu maka proses transfer data yang dilakukan modem akan lebih lambat, dan kecepatan komputer mengolah informasi di internet juga terhambat.

Komentar

Posting Komentar