Langsung ke konten utama

Pengertian Port serta Jenis - Jenis Port Jaringan

Port merupakan bagian terpenting pada jaringan, pada postingan ini saya akan membahas mengenai port-port yang terdapat pada jaringan komputer. Tanpa pembukaan yang panjang lebar langsung masuk ke materi pengertian dari port.


Pengertian 

Port merupakan mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port bisa mengindentifikasi aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengindentifikasi sebuah server yang memberikan layanan kepada klien atau bagaimana klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server.
Total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang digunakan adalah 65536.


Port juga di bagi antara port fisik dan port non fisik (Logika)

Port fisik adalah soket/slot/colokan yang berada pada perangkat keras komputer atau perangkat jaringan yang digunakan untuk penghubung peralatan input-output komputer, misalnya PS2 port yang digunakan oleh Mouse dan Keyboard, USB Port atau Paralel Port, dst.

Fungsi utama dari port fisik ini adalah untuk menghubungkan dua komponen atau lebih komponen yang nyata secara fisik, seperti menghubungkan antara komputer dengan server menggunakan kabel, ataupun perangkat lainnya.

Port non fisik merupakan port yang digunakan oleh aplikasi sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain melalui teknologi TCP/IP, dan termasuk koneksi internet. Dan pada artikel ini kita hanya membahas mengenai port secara logika.

Sedangkan fungsi dari port logic juga sama dengan port fisik akan tetapi port logic menghubungkan antar perangkat melalui protocol ataupun median lainnya.

Port pada UDP dan TCP dibagi menjadi tiga jenis


Well-known Port
Port ini berkisar antara 0 sampai 1023, Port yang yang termasuk dalam well-known port, akan merepresentasikan layanan jaringan yang sama, dan ditetapkan oleh IANA (Internet Assigned Number Authority). Beberapa port yang berada dalam range Well-known port masih belum ditetapkan dan direservasikan untuk digunakan oleh layanan yang akan ada untuk masa depan.

Registered Port
Port ini berkisar dari 1024 sampai 49151 dan beberapa port diantaranya juga termasuk dalam Dynamically Assigned Port. Port-port pada Registered Port digunakan oleh vendor komputer komputer atau jaringan yang berbeda untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi yang mereka buat. Registered port di daftarkan oleh IANA tetapi tidak dialokasikan secara permanen, sehingga vendor lainnya dapat menggunakan port number yang sama.

Dynamically Assigned Port
Port yang termasuk dalam Dynamically Assigned Port merupakan port-port yang ditetapkan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk melayani permintaan dari pengguna sesuai kebutuhan. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan digunakan atau diepaskan sesuai kebutuhan.

Port-port yang sering digunakan pada jaringan komputer

No Port
Protokol
Service
21
Tcp
Ftp
22
Tcp
Ssh
23
Tcp
Telnet
25
Tcp
Smtp
53
Udp
Dns
80
Tcp
Web server/http
8080
Tcp
Http web proxy
443
Tcp
Web Server/Https
465
Tcp
Ssl
110
Tcp
Pop3
143
Tcp
Imap
3128
Tcp
Proxy Squid
123
Udp
Ntp
161
Tcp
Snmp
521
Udp
Rip Routing Protocol
8291
Tcp
Winbox
20561
Udp
Mac Winbox
8728
Tcp
Api
1701
Udp
L2tp
1723
Tcp
Pptp
8729
Tcp
Api - Ssl
137
Tcp
NetBIOS-ns


Jenis - Jenis Port Secara fisik

Secara fisik port adalah soket atau jack koneksi yang terletak diluar sistem sebagai tempat kabel-kabel yang berbeda ditancapkan. Setiap port pasti memiliki fungsi dan bentuk fisik yang berbeda. Berikut port fisik yang digunakan untuk mentransmisikan data.

Port serial merupakan port yang digunakan untuk mentransmisikan data dari jarak jauh secara lambat, seperti port keyboard, mouse, monitor, dan modem dial-up.



Port paralel merupakan port yang sering digunakan untuk menghubungkan printer, disk eksternal.

Port SCSI (Small Computer System Interface) Untuk mentransmisikan data secara cepat bahkan dapat dipakai untuk 7 alat sekaligus atau daisy chain. Contoh daisy chain seperti SCSI kontroller kemudian disambungkan ke perangkat hardisk drive eksternal, dari HDD eksternal disambungkan secara seri ke perangkat yang lain seperti tape drive, kemudian dari tape drive tsb bisa juga disambungkan ke CD/DVD drive dan seterusnya.

Komentar