Langsung ke konten utama

7 Manfaat dari Pengunaan Jaringan Komputer



Perkembangan jaringan komputer saat ini sangatlah cepat, tentu ini didasari karena memiliki manfaat yang banyak dan membuat pekerjaan seseorang bisa ringan dan cepat, bahkan perusahaan kecilpun bisa sukses ketika menggunakan jaringan komputer. Untuk itu sebelum saya menuliskan manfaat dari sebuah jaringan komputer, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu jaringan komputer.


Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang bisa saling terhubung antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media, sehingga dapat saling berbagi sumber daya, seperti berbagai software, data, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, penggunaan komputer yang sebelumnya berdiri sendiri, setelah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.

Suatu jaringan yang sudah berbentuk tentu memiliki manfaat yang cukup besar jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Inilaah 7 manfaat jika kita menggunakan jaringan komputer.

 1. Berbagi Sumber Daya

Para pengguna komputer disuatu organisasi dapat menggunakan perangkat keras komputer seperti printer, hardisk, disket, scanner, dan lainnya secara bersama-sama dan saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi perangkat keras tersebut.

2. Berbagi Menggunakan Software

Beberapa perangkat lunak dapat digunakan secara bersamaan tanpa harus memasangnya pada setiap komputer. Bahkan, beberapa pengguna yang berbeda, dapat mengakses dan meng-update file secara bersama-sama sehingga menghasilkan kolaborasi yang sangat baik sebagai tim. Selain itu, lisensi perangkat jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand alone terpisah untuk jumlah pengguna yang sama.

3. Komunikasi

Komunikasi antar pengguna yang terpaut sangat jauh dapat dilakukan dengan sama-sama berkirim e-mail, teleconference, atau program realtime chatting yang bisa bertatap muka. Dengan demikian proses komunikasi antarpemakai dapat dipenuhi tanpa harus pinda dari tempat kerjanya. Hasilnyapun, pulsa telepon dapat dihemat bahkan dihindari.

4. Pemprosesan Terpusat (Terdistribusi)

Didalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat atau secara terdistribusi. Pemprosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya, pemprosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spersialis bidang kerjanya.

5. Keamanan Data

Keamanan data dapat diatur oleh administrator dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses, dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat.

6. Akses Internet Bersama-sama

Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses internet, maka para pengguna jaringan yang lain juga dapat melakukan koneksi internet hanya dengan menggunakan satu alamat dari ISP dan satu buah modem. Hal ini dapat menghemat danan yang cukup besar.


7. Mendapatkan Informasi dengan Cepat dan Mudah

Dengan adanya jaringan komputer seseorang bisa dengan mudah mendapatkan informasi tanp harus melihat berita ditelevisi, membaca koran ataupun mendengar siaran radio. Dengan pertumbuhan internet didunia sangat cepat, tentu banyak orang yang sudah menggungah berita atau informasi tersebut ke internet dan informasi tersebut juga bisa anda akses dimanapun  dan pergi kemanapun anda tetap bisa mengakses informasi tersebut.

Nah, itulah 7 manfaat dari penggunaan jaringan komputer.
Sumber : Buku Teknik Komputer Jaringa | seri B

Komentar