Langsung ke konten utama

Pengertian dan Fungsi MAC Address pada Jaringan

sumber : ankitaparajey.blogspot.com

Jika kita baru terjun ke dunia jaringan komputer pasti kita tidak asing lagi dengan IP Address dan MAC address. Mengenai IP address udah pernah saya postingan sebelumnya sekarang saya hanya menuliskan tentang MAC address. Nah, bagi yang pernah mendengar tapi belum paham apa itu MAC address saya akan membahas pada postingan ini.


Pengertian 

MAC(Media Access Control) address adalah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link(layer ke-2) dalam tujuh lapisan model OSI, yang mempresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. (wikipedia)

Dalam sebuah Mac Address memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasi sebuah komputer, interface pada router, atau node yang lainnya pada sebuah jaringan. MAC juga dikenal dengan sebutan Ethernet address, physical address, atau hardware address. Mac address dibuat unik pada setiap perangkat jaringan komputer dan terdiri dari enam pasang bilangan desimal yang dipisahkan oleh dua titik.

Berbeda dengan IP Address sebuah alamat MAC address tidak bisa dirubah-rubah pada perangkat jaringan, Karena sebuah alamat MAC sudah di masukkan kedalam sebuah ROM.

Fungsi MAC address

MAC address berfungsi untuk mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomikasi antara satu dengan yang lainnya, dengan cara mengidentifikasi seluruh perangkat komputer dalam suatu jaringan.

Cara Kerja

Dalam sebuah jaringan terdapat beberapa komputer yang saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Nah, pada sebuah jaringan yang berbasis Ethernet, pada setiap header dalam frame Ethernet terdapat infomasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC dari komputer tujuan (Destination).

Untuk Melihat Alamat MAC address

- Biasanya sebuah alamat MAC sudah ditulis pada tiap perangkat jaringan, jadi anda bisa melihat pada perangkat tersebut tidak perlu menghidupkan komputer serta memasukkan perintah.
Contoh alamat MAC pada perangkat jaringan.


- Jika anda pengguna windows, anda bisa melihat alamat MAC pada komputer anda dengan menggunakan CMD (Command Prompt) dengan memasukkan perintah ipconfig/all dan tekan enter.


- Jika anda menggunakan linux anda masuk ke terminal lalu masukkan perintah ifconfig dan tekan enter.




Demikian lah penjelasan mengenai MAC address pada jaringan komputer sekiranya setetes bermanfaat untuk para pembaca.

Komentar