Langsung ke konten utama

Struktur Dasar penggunaan HTML

Assalamu'alaikum wr. wb.


HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membangun sebuah halaman web dan juga menampilkan berbagai informasi yang dapat kita akses melalui pejelajah internet (browsher). Jika anda ingin menjadi seorang programmer di bidang website maka HTML inilah yang harus anda kuasai terlebih dahulu, barulah setelah itu anda belajar bahasa pemograman yang lain seperti CSS, JavaScript, DLL.

Jika kita ingin membuat sebuah halaman web ataupun belajar kode - kode html, kita bisa menggunakan software code editor seperti Notepad, Notepad++,Atom, atau software yang lain. Jika kode yang kita tulis dapat di tampilkan di browsher, maka kita harus menyimpan file html dengan format .html atau .htm. Tapi di postingan ini saya tidak akan menulis perintah dahulu tapi saya menjelasakan Struktur Dasarnya dahulu.

Struktur yang paling dasar dari bahasa html adalah Doctype, tag html, tag head, tag title dan tag body. penulisan tag pada html berada diantatara dua kurung siku "<" dan ">". Hampir dari semua tag dari html di buka dengan <tag> dan ditutup dengan </tag>.

Seperti Berikut !


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
          <title> Judul Web </title>
</head>
<body>
           Semua informasi yang ada dalam halaman web
</body>
</html>

<!DOCTYPE html>
Tag yang paling awal adalah DOCTYPE yang berfungsi untuk membertahu browsher bahwa dokumen yang akan di proses adalah html.

<html>
Ini adalah tag pembuka dari keseluruhan halaman web, semua kode atau informasi yang ada didalam web harus berada dalam tag ini. 
<html> " tag pembuka html harus diletakkan pada awal dokumen"
</html> " tag penutup html yang harus diletakkan pada akhir dokumen"

<head>
Tag head merupakan kepala dari halaman website. Pada tag ini anda juga bisa menambakan banyak informasi seperti meta,css,font,javascript dan lain-lain.

<title> 
Tag ini berada di didalam tag head, yang berfungsi untuk manyatakan title dari halaman website anda.

<body>
Tag inilah yang berfungsi untuk menampilkan informasi. Semua informasi yang ada pada sebuah halaman web, berada di dalam tag body.

Sekian postingan sturktur dasar dari html, jika anda merasa postingan ini bermanfaat jangan sungkan untuk mengshare kepada yang lainnya. Semoga aja anda bisa mendapatkan setetes ilmu dari blog ini. Segala kekurang saya memohon maaf.

Wassalam.

Komentar