Langsung ke konten utama

6 Perangkat Penting pada Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum wr. wb.

Postingan saya kali ini tentang perangkat jaringan, kita tahu bahwa untuk mengakses internet banyak di butuhkan perangkat jaringan supaya kita bisa berbagi sumber daya. Nah disini saya akan jelaskan mengenai fungsi dari beberapa perangkat jaringan yang cukup penting, postingan ini saya berikan kepada anda yang belum tahu untuk yang sudah paham ya gpp jugalah.. :)

Berikuti topologi berapa pentingnya perangkat tersebut !

Kira - kira begitulah skema kita untuk menuju ke jaringan internet, banyak perangkat yang kita butuhkan jika kita berbagi sumber daya secara online atau ke Internet.

Perangkat Jaringan Tersebut berupa :


Router merupakan sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengirim paket data yang berbeda network/segmen, atau dikenal dengan proses routing. Routing dibagi menjadi dua bagian yaitu :
Routing Static merupakan routing yang disetting secara manual oleh administrator jaringan.
Routing Dynamic merupakan routing yang sudah otomatis terhubung tanpa disetting oleh administrator jaringan.

Switch merupakan sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk meneruskan paket data ke tujuan yang hanya berada dalam satu segmen/network, berdasarkan alamat MAC Address dari tujuan. Switch juga berfungsi untuk memperluas area cakupan sebuah jaringan tanpa membutuhkan kabel yang panjang. Pada OSI Layer switch bekerja pada lapisan ke dua, Datalink.

Hub merupakan perangkat yang hampir sama dengan Switch yaitu hanya bisa meneruskan paket data yang berada dalam satu segmen/network. Perbedaan antara Hub dan Switch yaitu berada pada lapisan dari OSI Layer, Hub berada pada lapisan pertama yaitu Physical layer. Hub tidak mengenal MAC Address sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransimikan, sehingga collision (Tabrakan data) tidak bisa dihindari dari penggunaan Hub.

Repeater merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk memperkuat signal wireless, dengan alat ini signal yang lemah dapat ditingkatkan daya jangkauannya sehingga dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang lebih luas.

NIC kependekan dari Network Interface Card atau lebih dikenal dengan kartu jaringan, perangkat ini berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Dan biasanya perangkat dipasang pada Motherboard.

Access Point merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan tanpa menggunakan kabel. Dengan menggunakan jaringan Access Point kita bisa dengan mudah dan cepat untuk terhubung ke sebuah jaringan.

Ok, mungkin inilah postingan saya pada hari ini dan sebenarnya masih banyak lagi perangkat jaringan yang ada, tapi di postingan ini cukup sekian ajalah dulu, kurang dan lebihnya saya minta maaf. Semoga bermanfaat.

Wassalam.

Komentar