Langsung ke konten utama

Penjelasan Singkat mengenai Windows dan Linux

Assalamu'alaikum wr. wb.

Postingan saya kali ini tentang Windows Dan Linux, post ini saya persembahkan untuk orang-orang yang belum tau atau baru mengenal sistem operasi. Ok, langsung aja ke materi postingan :)

Banyak orang hanya mengetahui Windows, tapi jika ditanya apa itu windows ? maka jawabannya adalah Entah. what do you think baby.. :D

Apa itu windows ?


Windows merupakan salah satu dari banyaknya sistem operasi (OS), dan sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras, jika ada sebuah komputer yang tidak memilik sistem operasi, maka komputer tersebut tidak bisa menjalan aplikasi apapun kecuali program booting.

Sistem operasi windows dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka berbasis GUI ( Graphical User Interface) atau tampilan berbasis grafis. Windows merupakan Sistem operasi yang paling banyak digunakan di Negri kita ini, berkemungkinan karna tampilannya yang sangat mudah digunakan, dan mungkin juga kalau Sistem Operasi windows ini merupakan Sistem Operasi yang berbayar. "Lah iyalah,.. saya aja kemarin install bayar 50rb" untuk install Sistem Operasi windows anda terlebih dahulu membeli lisensi windows tersebut dengan harga jutaan bukan puluh ribuan, jika anda mendapatkan secara gratis atau cuma bayar jasa install di tempat service komputer, maka itu merupakan Windows bajakkan.

Selain Windows Berbayar, Windows juga Rentan terhadap serangan Virus.

Entah apa masalahnya sehingga rentan terhadap serangan Virus, tapi itulah fakta dari windows. Jika anda salah satu pengguna windows maka anda disarankan untuk menginstall Anti Virus. Dan biasanya anti Virus juga berbayar. Kalaupun ada yang gratis maka hasilnya pun tak maksimal.

Selain Windows, Linux juga sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Pengembangan sistem operasi Linux dilakukan dengan cara mendistribukasikannya secara bebas sehingga pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk dapat menginstall Sistem Operasi ini pada komputer atau laptop anda.

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat open source. Bebas untuk dimiliki, bebas untuk dikembangkan dan bebas untuk didistribusikan. Untuk saat ini Linux juga aman dari serangan Virus jadi anda tidak perlu menginstall Anti Virus pada komputer/laptop anda. Tetapi User awan akan mengalami kesulitan ketika pertama kali menggunakan Linux, karena sistem operasi ini sama sekali tidak sama dengan Sistem Operasi Windows, walaupun Linux juga memiliki atarmuka yang berbasis GUI.

Berikut distro-distro Linux yang sudah dikembangkan.

- Ubuntu - Debian - Redhat - Mandrake - Caldera - Centos - BackTrack- Fedora - OpenSuse - Xandros - BackBox, Dan Banyak lagi.

Dan salah satu Distro linux yang dikembangkan oleh Penggerak Linux Indonesia adalah BlankON. Ada juga distro linux yang bernama Muslim OS yang merupakan distro linux khusus untuk umat Muslim.

Sekian saja postingan saya semoga bermanfaat bagi pembaca.
Wassalam.

Komentar