Langsung ke konten utama

4 Cara Sederhana menjadi lebih Kreative

Assalamu'alaikum wr. wb.


Kreatif bukanlah menciptakan sesuatu yang baru,keren,atau hal yang luar biasa, melainkan kreatif yaitu melakukan sesuatu yang sudah ada dengan cara atau metode yang baru, supaya menjadi sesuatu yang luar biasa untuk diri kita sendiri ataupun untuk orang banyak.

Menjadi seorang yang kreatif tidak serumit yang anda bayangkan, cukup dengan memperbanyak isi pikiran anda dengan melakukan berbagai hal yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Dengan anda membaca buku, belajar dari pengalaman orang lain, aktif berorganisasai dan melakukan hal yang positif lainnya. Dengan begitu, besar kemungkinan untuk anda menciptakan cara - cara baru untuk menyelasaikan suatu masalah yang ada, ataupun membuat suatu kreativitas yang belum orang lain lakukan.

Adapun 4 cara yang sederhana untuk menjadi seseorang yang kreative.


Jangan terpaku pada Pendapat orang Lain

Jika anda meminta pendapat kepada orang lain, pastikan pendapat itu tidak membuat anda ragu. Apalagi sampai menghabat anda untuk melakukan sesuatu. Setiap orang memiliki ide yang berbeda, belum tentu antara si A dengan si B memiliki pemikiran atau ide yang sama. Tetap lah berfokus pada cara anda jangan sampai terpengaruh terhadap suatu pendapat yang tidak sepaham dengan kita. Just do it !

Jangan Jadi Perfeksionis

Sikap perfeksionis merupakan sikap menuntut diri anda serba sempurna juga merupakan sumber dari emosi negatif, karena takut mendapat penilaian negatif dari orang lain, dan kitapun mudah frustasi jika melakukan kesalahan. Maka perlu kita ingat bahwa semua orang tidak ada yang sempurna, punya kekurangan serta punya kelebihan. Jadi, kita tidak perlu menjadi seseorang yang sempurna. Sebab hanya menghancurkan hal - hal penting yang membuat kita tampil menjadi unik dan creatif.

Jangan Terpengaruh Pada Tren

Perubahan yang terjadi di didunia ini semangkin pesat, ditandai dengan canggihnya alat komunikasi, tansportasi dll. Manusia slalu ingin menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya akan memepermudah kehidupan manusia dimasa mendatang. Walaupun bergitu, kita tetaplah berpegang teguh sama pikiran kita, jangan pikirkan perkembangan zaman. Orang kreatif adalah orang yang menciptakan tren, bukan mengikuti tren pada suatu waktu.

Tantang Diri untuk melakukan Hal yang Kreatif

Ketika ide kita muncul, yang sulit kita taklukan biasanya rasa malas. Disini kita dianjurkan untuk menetang diri kita untuk melakukan hal - hal kreatif. Nah, malas biasanya suatu kebiasaan negatif seseorang yang dapat menghabat kita untuk menjadi seseorang yang creativ. Tantanglah diri kita untuk tidak jadi seseorang yang pemalas. Jangan ragu untuk melakukan sesuatu. Kunci dari proses kreatif itu adalah bisa atau tidaknya, tapi lakukan saja apapun hasilnya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan, jika anda punya masukkan positif juga silahkan masukkan pada kolom komentar, Dan semoga setelah anda membaca ini membuat anda menjadi sedikit lebih kreatif dari sebelumnya. Thanks :)

Wassalam.

Komentar