Langsung ke konten utama

Pengertian dan Perbedaan Intranet dan Internet

Assalamu'alaikum wr wb.

Postingan saya kali mengenai Internet dan Intranet, ok bagi yang belum tau mungkin saya akan beritahu sedikit. Langsung saja ke titik permasalahan.

(sumber : 4.bp)

Apa itu Intranet ?

Intranet adalah sebuah jaringan privat (privat network) yang menggunakan protokol - protokol Internet, untuk membagi informasi rahasia perusahaan tersebut kepada karyawannya. 
(source : wikipedia)

Apa itu Internet ?


Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suit (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. 
(source : wikipedia)

Apakah perbedaan Intranet dengan Internet ?

Intranet merupakan sebuah jaringan kecil atau jaringan milik pribadi seperti sebuah perusahaan, sekolah, kantor, dll. Dimana jaringan Intranet butuh protokol Internet untuk menjalankannya. Contohnya adalah ada sebuah perusahaan yang memiliki jaringan Intranet dengan nama web misalkan : blala.tsr dan blala.tsr hanya bisa di akses oleh perusahaan tersebut dan tidak bisa di akses dari luar sedangkan Internet bisa kita akses dimana saja asalkan kita sudah terhubung ke Internet. Bisa diibaratkan Intranet cucunya dan Internet sebagai Nenek/Kakeknya soalnya perbandingannya sangat jauh lebih besar jaringan Internet di bandingkan Intranet.

Duluan mana Internet dengan Intranet ?

Internet itu sudah dikenalkan pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui sebuah proyek ARPANET yang semula dingunakan untuk pertahanan militer. Sedangkan Intranet lahir pada tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan untuk kebutuhan informasi dalam bentuk web di sebuah perusahaan. Jadi kesimpulannya Internet jauh lebih dulu dibandingkan Intranet.

Ok, sekian saja postingan ane kali ini, semoga aja anda mendapatkan setetes ilmu lah dari blog saya kurang dan lebihnya saya minta maaf.

Wassalam.

Komentar