Langsung ke konten utama

Konfigurasi MNDP di Mikrotik


Assalamu'alaikum wr. wb.
Postingan saya hari ini yaitu salah satu cara untuk mengamankan router kita dari serangan, serangan datang bukan dari luar ( Internet ) saja tapi bisa saja dari lokal.  


MNDP merupakan singkatan dari Mikrotik Neighbors Discovery Protocol yaitu salah fitur di mikrotik yang berjalan pada layer 2 yang mengizinkan perangkat yang support MNDP saling menemukan. Contohnya, Ketika kita melakukan scan pada winbox dalam jaringan router maka kita akan menemukan beberapa informasi mengenai router tersebut seperti IP Address, MacAdress dan sebagaimana. Dan saat MNDP ini berjalan maka dengan sangat mudah user mengetahui informasi mengenai user tersebut. Untuk itu kita akan mengatasi masalah tersebut.

Contoh  MNDP di aktifkan.



Kita bisa melihat beberapa infromasi mengenai router. Sekarang kita coba menonaktifkan MNDP supaya user melakukan scan maka informasi tersebut tidak muncul.

Masuk ke Menu IP > Neighbors
Sekarang klik interface yang menuju ke LAN dan disable.



Setelah kita mendisable interface tersebut kita coba login menggunakan winbox, maka ketika klik scan informasi mengenai router tersebut tidak akan kelihatan ataupun tidak akan terdektesi.


Kita tetap bisa menakses winbox dengan menggunakan IP ataupun MAC Router tersebut tapi kita memasukkannya secara static.
Ok, sekian saja postingan saya hari ini lebih dan kurangnya saya mohon ma'af serta atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

Komentar