Langsung ke konten utama

Pengertian serta Perbedaan Firewall dan Proxy



Pengertian 
Firewall merupakan suatu sistem yang berupa perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jika dianggap lalu lintas tersebut aman dan firewall akan mencegah jika lalu lintas jaringan dianggap berbahaya atau tidak aman. Firewall sendiri terdiri dari fire dan wall yang berarti tembok api/dinding api.


Firewall ada dua jenis
1. Personal komputer merupakan firewall yang melindungi sebuah komputer dari bahaya seperti serangan virus.
2. Network merupakan firewall yang bertujuan untuk melindungi jaringan dari secara aman dari berbagai serangan.

Ada beberapa fungsi firewall seperti :

Mengontrol lalu lintas Firewall harus dapat mengontrol serta mengatur lalu lintas jaringan yang diizinkan mengakses jaringan privat atau komputer yang dilindungi firewall. dengan  memeriksa paket-paket dan koneksi yang dibuat, dan melakukan filtering terhadap koneksi berdasarkan hasil pemeriksaan paket dan koneksi tersebut.

Melakukan autentikasi terhadap akses ketika pengguna membangun sebuah koneksi firewall akan meminta username dan password sebelum melakukan koneksi, setelah koneksi dizinkan firewall tidak lagi meminta username dan password, kecuali koneksi terputus barulah memasukkan username dan password lagi.

Cara kerjanya firewall 
Firewall sendiri berada diantara internet dan komputer yang berfungsi sebagai pelindung. Firewall menganalisa jaringan yang mencoba masuk ke komputer anda, dan melakukan apa harus dilakukan mengizinkan atau menolak jaringan tersebut.

Pengertian
Proxy adalah program komputer yang menyediakan dan meneruskan layanan terhadap permintaa user kepada server lain yang berada di internet atau intranet. Proxy server bertindak sebagai gerbang antara jaringan internet dengan komputer client.

Fungsi proxy
filtering
Ada beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang bisa memblokir sebuah alamat IP atapun website yang tidak dibolehkan.

caching 
proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu website. contoh sebuah user mencoba mengakses suatu web dapat dilakukan lebih cepat jika telah ada permintaan akses web ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya.

Cara kerja proxy
Ketika user mengunakan layanan proxy lalu melakukan permintaan yang berada di internet maka layanan proxy meneruskan permintaan itu kepada ke internet seakan proxy tersebut itulah yang memintanya. ketika proxy telah mendapatkan permintaan user tersebut maka proxy akan memberikan jawaban kepada user dan seakan-akan proxy itulah public servernya.


Perbedaan firewall dan proxy
firewall merupakan sistem yang membolehkan lalu lintas jaringan yang dianggap sudah aman dan menghentikannya jika tidak aman.
Proxy adalah server yang menyediakan layanan untuk meneruskan kepada user dengan meminta kepada server lain yang terdapat di internet. 

Komentar

Posting Komentar