Langsung ke konten utama

Perintah Dasar MySQL Mode CLI (Teks) [Part 1]

Assalamu'alaikum wr. wb.

Postingan saya  pada kesempatan hari ini mengenai perintah dasar MySQL dalam mode teks, Ok apa itu MySQL ?


MySQL adalah sebuah perangkat lunak (software) sistem managemen basis data SQL (database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan 6 juta instalasi diseluruh dunia. (wikipedia)


Ok, sekarang kita lanjut aja ke konfigurasi dengan perintah dasar dari MySQL, Sekarang buka software MySQL.


Perintah pertama " create database <nama_database> "
Create database adalah perintah yang digunakan sesuai dengan perintah tsb yaitu create yang artinya membuat, dan arti dari perintah tersebut adalah membuat database.
Contoh penggunaan perintah create database dan siswa sebagai nama dari database tsb.


Perintah kedua " use <nama_database>"
use merupakan perintah untuk membuat tabel-tabel dalam database tersebut. Untuk contoh penggunaan database tersebut adalah use siswa; 


Perintah ketiga " create table <nama_table>" yaitu perintah yang digunakan untuk membuat tabel dalam database yang telah dibuat sebelumnya. contoh penggunaa perintah create table.


Perintah keempat "desc <nama table>"  desc merupakan kependekkan dari DESCRIBE yaitu perintah untuk melihat struktur tabel. contoh penggunaannya.


Perintah kelima " insert into <nama_table> " yaitu perintah yang digunakan untuk memasukkan data dalam sebuah tabel yang telah dibuat dan harus disesuaikan dengan values . contoh penggunaannya.


Perintah keenam " select *from <nama_table> " yaitu perintah yang digunakan untuk menampilkan semua kolom (field) dalam tabel. Contoh penggunaannya.


Dan saya telah menambahkan 10 data teman saya.


Perintah ketujuh " select *from siswa where JK='Perempuan' " yaitu perintah yang digunakan untuk menapilkan data JK (Jenis Kelamin) Perempuan. Contoh penggunaannya.


Perintah kedelapan " select *from siswa where Agama='Kristen' " perintah ini sama dengan perintah sebelumnya yaitu untuk menampilkan data yang beragama Kristen. Contoh penggunaannya.


Perintah kesembilan " select <yang ingin ditampikan> from <nama_table> " yaitu yang digunakan untuk menampilkan beberapa kolom saja sesuai yang kita inginkan. lebih jelasnya perhatikan gambar berikut sekaligus sebagai contoh.


Perintah terakhir dari saya " drop database <nama_database> ; " yaitu perintah untuk menghapus database yang telah kita buat sebelumnya. Contoh penggunaannya.


Ok, sekian saja perintah-perintah dasar MySQL yang telah saya ketahui lebih dan kurangnya saya minta ma.af. Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam.

Komentar