Langsung ke konten utama

Penjelasan tentang Protokol dan Jenis-Jenis Potokol

 Asslamu'alaiku wr wb.

Postingan saya saat ini mengenai Protokol Jaringan, alasannya saya posting ini untuk mengasih setetes ilmu komputer aja kepada anda, mungkin ada yang belum tau protokol itu apa dan apa saja jenisnya. Ok langsung saja ke pertanyaan pertama. Protokol itu apa sih ?


Protokol adalah sebuah aturan komunikasi antar komputer satu dengan komputer lainnya pada sebuah jaringan, sehingga komputer yang berbeda platform dapat saling menukar data atau saling berkomunikasi.
Kalau Protokol Jaringan adalah Sebuah aturan yang diterapkan pada suatu jaringan.

Jenis-Jenis Protokol itu apa aja ?


1.Ethernet
Yaitu protokol yang paling banyak digunakan pada saat ini lebih lengkapnya baca disini.

2. TCP/IP
TCP/IP yaitu kependekan dari Transmision Control Protocol/Internet Protocol  yang dimaksud TCP/IP adalah standar dari komunikasi data yang digunakan oleh pengguna internet untuk saling tukar-menukar data atau informasi dari komputer satu dengan komputer lainnya dalam jaringan internet.

3.UDP
UDP yaitu kependekatan User Datagram Protocol, adalah protokol dari lapisan transpor TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang unreliable.

4.FTP
File Transfer Protocol yaitu protocol yang biasanya digunakan untuk upload dan download file.

5.HTTP
HTTP kependekan dari Hypertext Transfer Protocol yaitu protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer informasi dalam www.

6.ICMP
ICMP yaitu kependekan dari Internet Control Message Protocol, adalah Protocol yang terhubung ke internet untuk menganalisa jaringan. sesuai dengan namanya yang bertugas memberikan pesan-pasan ke suatu jaringan seperti terjadinya error,putus koneksi ataupun pesan sudah terimanya pesan yang dikirimkan.

7.HTTPS
HTTPS yaitu Hypertext Transfer Protocol Secure, adalah protocol yang tidak jauh berbeda dengan HTTP akan tetapi HTTPS lebih aman jika di bandingkan dengan HTTP karena HTTPS menyediakan authentikasi dan kemunikasi tersandi serta penggunaan dalam komersi elektris.

8.SSH
SSH kependekan dari Sucure Shell, adalah protocol yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. Protocol SSH juga dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh, serta mengirim file.

Ok, sebenarnya masih banyak lagi Jenis Protokol jaringan tapi yang saya kasih tau segitu aja, dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Harapan saya semoga pembaca mendapat kan Setetes Ilmu Komputer dari blog ini.  Amin....
Untuk pembaca terima kasih atas kunjungannya.

Wassalam.

Komentar