Langsung ke konten utama

Konfigurasi EoIP tunnel Bridging pada Mikrotik

Assalamu'alaikum wr wb.
Postingan saya di kesempatan hari yaitu konfigurasi EoIP pada Mikrotik. Ok, langsung saja kita ke pokok permasalahan kita tetang EoIP.


EoIP itu apa ?

EoIP yaitu kependekkan dari Ethernet Over IP merupakan sebuah protokol mikrotik yang berbasis TCP/IP yang bisa membangun sebuah jaringan tunnel antar perangkat mikrotik. kalau jaringan tunnel itu apa ?

Jaringan tunnel yaitu membuat suatu jaringan privat melalui jaringan internet. Berikut gambaran tentang Jaringan Tunnel.

Langsung saja ke tahap konfigurasian, saya menggunakan topologi berikut !


Dari topologi diatas configurasi saya bertindak sebagai RB2 dan berada di bandung, berikut configurasinya !

Pertama login dengan Winbox
Saya nambahin IP address untuk LAN memalui Interface ether2 . 


Masuk ke menu Interface > EoIP Tunnel > Add 
 Remot Address : 192.168.2.165 ( IP Publik yang ingin kita akses atau IP Lawannya kita )
Tunnel ID : 16 ( Tunnel ID-nya terserah asalkan sama dengan Tunnel ID yang sebelah atau yang ingin kita akses )
  

Sekarang ke Menu Bridge >  Add > General 
Perhatikan gambar berikut !

Menu Bridge > Port > Add > General 
Interface : eoip_tunnel1 ( eoip yang sudah kita buat )
Bridge : Bridge1


Kita buat Bridge port nya satu lagi tapi Interface : ether2

Sekarang kita isi IP LAN-nya satu network dengan IP LAN-nya jakarta. 



Buka CMD coba ping IP LAN-nya Jakarta yaitu 192.168.10.1 dan hasilnya Reply berarti kita sudah terhubung ke router jakarta dan seakan-akan kita berada di LAN-nya jakarta. Padahal kita berada di bandung. 

Ok, sekian tutorial saya tentang EoIP kurang dan lebihnya saya minta ma.af, terima kasih atas kunjungannya.
Wassalam.
Kerja sama : danu-zard.blogspot.co.id


















Komentar