Langsung ke konten utama

Konfigurasi DNS pada Mikrotik

Assalamu'alaikum wr. wb.

Postingan saya kesempatan hari ini, bagaimana konfigurasi DNS pada Router Mikrotik. Sebelumnya saya juga pernah konfigurasi DNS Server pada Linux (Debian) tapi kali ini saya konfigurasinya pada Router Mikrotik. OK Baiklah saya jelaskan kembali apa sih itu DNS ???

DNS kependekan dari Domain Name System merupakan  sebuah sistem yang berfungsi menerjemahkan alamat IP ke nama Domain dan nama Domain ke alamat IP. Ya.... itu gunanya DNS :)

Contoh, ketika anda mengunjungi detik.com maka DNS menerjemahkan nya ke alamat IP : 203.190.241.43.
Bagiamana enggak ada DNS ketika anda pengen ke detik.com anda harus hafal Ip-nya. pengen ke facebook beda lagi IPnya, pengen buka Google beda lagi IPnya. huft ...  kan enggak mungkin kita ngafalin IP situs-situs di Internet.

Udah paham kan apa itu DNS,.. hehe

Ok kita lihat IP detik.com biar lebih jelas.



Buka winbox masuk ke IP > DNS > Static 

Name  : julisman.com < nama domain >
Address : 203.190.241.43 < IP addressnya detik >


Pengujiannya anda bisa buka browser dan membuka julisman.com maka anda akan di alihkan ke detik.com karena kita menggunakan IPnya detik.com


OK, begitulah sedikit penjelasan tentang konfigurasinya DNS pada mikrotik, dan sekiranya bermanfaat bagi anda :)

Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih .

Wassalam.

Komentar