Langsung ke konten utama

User Management pada Mikrotik


Assalamu'alaikum wr wb.


Postingan saya sekarang ini yaitu tentang User Management pada mikrotik, jadi tutorial ini saya persembahkan kepada orang2 yang belum tahu aja :) 




Apa sih User Management itu ? 

User Management merupakan suatu pengolaan user (pengguna), berupa username dan password untuk login ke router mikrotik.


User terbagi 3 group yaitu :



1. Full merupakan group dimana user bisa mengakses router secara bebas atau leluasa.


2. Write merupakan group tidak jauh berbeda dengan Full akan tetapi user tidak bisa menganti username dan password. 

3. Read merupakan group dimana user hanya bisa melihat konfigurasi dan tidak bisa merubahnya. 

Untuk konfigurasinya masuk ke menu System > Users > Users > Add

Perhatikan gambar berikut !


Anda buat Name (sebagai username )  pada kotak group anda isikan Group (Full,Read,Write)  dan pada isikan juga password-nya. pada gambar di atas saya pilih group Read jadi saya hanya bisa melihat konfigurasi. Untuk membuktikannya Exit dan coba login dengan username yang telah anda buat.


Berikut tampilan jika menggunakan group read jadi kita tidak menambah ataupun menghapus konfigurasi. saya minta ma'af karna konfigurasinya masih kosong hehe 


Ok,, sampai disini tutorial saya, semoga bermanfaat atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam


Komentar