Langsung ke konten utama

Pengertian dan cara kerja Ethernet

Assalamu'alaikum wr wb.

Postingan saya sekarang ini berhubungan dengan tugas sekolah yaitu pengertian dan cara kerja ethernet ! Kalau ada yang belum tau Ethernet itu apa, ini dia pengertian ethernet !



Pengertian Ethernet



Ethernet adalah teknologi jaringan komputer pada kerangka jaringan area lokal (LAN). Sistem komunikasi melalui Ethernet membagi aliran data ke dalam paket individual yang disebut frame. Setiap frame, berisi alamat sumber dan tujuan serta pengecekan error data sehingga data yang rusak dapat dideteksi dan dikirim kembali. Ethernet adalah protokol LAN yang memungkinkan setiap PC “berlomba” untuk mengakses network. Sekarang Ethernet menjadi protokol LAN yang paling populer karena relatif murah dan mudah di-install serta ditangani.

Ethernet Card adalah jenis hardware jaringan komputer berupa adaptor, awalnya diciptakan untuk membangun sebuah Local Area Network (LAN). Hal ini digunakan untuk mendukung standar Ethernet untuk koneksi jaringan kecepatan tinggi melalui kabel dalam jaringan atau sering disebut sebagai kartu LAN. Dalam sejarahnya, Ethernet dibuat oleh Xerox di tahun 1976. Ethernet telah disetujui sebagai standar industri protokol LAN tahun 1983. Sebuah network yang menggunakan Ethernet sebagai protokol sering disebut Ethernet network. Sumber : http://dwiharyanto.ilearning.me

Cara kerja Ethernet 


Ketika terjadinya komunikasi pada sebuah jaringan komputer,  maka sistem komunikasi melalui Ethernet akan membagi aliran data menjadi potongan-potongan pendek atau dikenal dengan istilah frame. Dan disetiap frame terdapat alamat sumber dan tujuan. 

Nah, untuk lebih jelasnya berikut cara pengirim data melalui Ethernet.
Ethernet memiliki mekanisme kerja yang sangat sederhana. 
`
Perhatikan beberapa teknik pengiriman berikut ini :

1. Ethernet bertugas mengirimkan paket data ke dalam alamat yang di tuju.

2. Sebelum mengirim data, ethernet melihat kondisi terlebih dahulu apakah ada komputer lain yang sedang mengirim data menuju komputer anda?
atau melakukan pengecekkan , apakah jaringan sedang sibuk atau tidak?

3. Apabila jaringan sedang sibuk maka pengiriman data akan di tangguhkan atau di tunda sebentar.

4. Setelah jaringan dalam keadaan sepi/ tidak ada satupun workstation yang melakukan pengiriman data, maka secara bergantian ethernet tersebut mengirimkan datanya pada alamat yang dituju.

5. Apabila ada 2 workstation yang sedang mengirimkan paket data secara bersamaan , kemungkinan akan terjadi tabrakan data.

6. Begitu seterusnya, sampai paket  data yang akan dikkirim habis.

7. Dalam semua proses pengiriman proses saling tunggu dilakukan sangat rapi dan dalam ukuran waktu yang sangat pendek sehingga anda tidak dapat merasakan pergantian keluar masuknya data.

Jenis-Jenis Ethernet
Dalam segi kecepatan untuk mengirimkan suatu data, Ethernet memiliki 4 jenis kecepatan yang berbeda.
  • 10 Mbps, disebut dengan Ethernet saja. Standart yang digunakan antara lain  : 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF
  • 100 Mbps, disebut dengan Fast Ethernet. Standart yang digunakan antara lain  : 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX
  • 1000 Mbps atau 1 Gbps, disebut dengan Gigabit Ethernet. Standart yang digunakan antara lain : 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT
  • 10000 Mbps atau 10 Gbps, untuk kecepatan 10 Gbps belum banyak di implementasikan. 


Dan itulah sekilas tentang pengertian Ethernet dan cara kerja Ethernet, kurang dan lebihnya saya mohon ma'af. Serta terima kasih atas kunjungannya,
Ref : wikipedia

Wassalam.

Komentar