Langsung ke konten utama

Blokir Situs dengan Web Proxy Mikrotik

Assalamu'alaikum wr wb...

Postingan saya kesempatan hari ini yaitu blokir website dengan Web Proxy di Mikrotik, dan pada postingan ini semoga anda mendapatkan Setetes Ilmu dari blog saya :)



Proxy merupakan sebuah media yang digunakan untuk keamanan akses internet. jadi dengan menggunakan Web Proxy di Mikrotik kita bisa memblokir website yang kita inginkan. Seperti : detik,kompas,playboy dan lainnya.

Ok tanpa banyak basa-basi kita mulai aja tutorialnya !

Untuk konfigurasinya masuk ke menu IP > Web Proxy 


Pada tab General


Centang Enabled dan isikan port-nya 8080 > Isi Chache Administratornya dengan email anda. ya hanya untuk pengenalan aja :). Pilih Access


Pada menu Web Proxy Rule pilih Dst. Host-nya dengan Website yang ingin anda Blokir kalau saya milihnya detik penulisnya nama websitenya seperti ini *detik*. kenapa pakai "*" (bintang) ? tanda bintang digunakan sebagai wilcard untuk penganti semua karakter. ya.. itu  dan pilih Action-nya deny jika sudah Apply > OK .



Agar lebih mudah settingannya ubah web proxy mikrotik agar berfungsi sebagai Transparent Proxy. Dan gunakan fitur NAT untuk mengalihkan client yang browsing Http ke web proxy yang sudah kita setting.
Konfigurasi nya masuk ke menu IP > Firewall > NAT > Add 

Tab General 
Chain = dstnat
Protocol = tcp
Dst. port = 80
In interface = ether2 ( interface yang menuju ke client )

Tab Action
Action = Redirect
To port = 8080

Perhatikan gambar berikut !

 

Untuk testingnya coba buka browser pada Client dan ketikkan URL detik. maka akan di blok secara otomatis oleh Web Proxy Mikrotik dengan menampilkan pesan Error !

Perhatikan gambar berikut !


Ok ,, sekian saja tutorial saya tentang Web Proxy Mikrotik semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya ..

Wassalam.



Komentar