Langsung ke konten utama

Hotspot pada Mikrotik

Assalamu'alaikum wr wb
Halo semua yang masih hidup :D !

Saya mau posting bagaimana cara buat hotspot di mikrotik. Mungkin masih banyak yang belum bisa setting hotspot di mikrotik. Jadi disini saya akan membuat tutorialnya, sebelumnya lanjut ke konfigurasinya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu hotspot ?


Pengertian hotspot

Hotspot adalah sebuah system yang digunakan untuk memberikan akses jaringan kepada client melalui media Wireless ataupun Wired. Jadi, ketika kita menggunakan hotspot pada jaringan anda, maka jaringan anda akan aman dari pengguna yang memanfaat internet gratis. Ketika anda memasang hotspot maka pengguna tersebut akan diminta memasukkan Username dan Password.
Jika anda ingin konfigurasi Hotspot pada Mikrotik berikut Tutorialnya



Masuk ke Menu IP>Hotspot>Hotspot Setup dan pilih Interface yang ingin di buat Hotspot.


Setting Ip interface Hotspot tapi secara otomatis sudah ada ip tapi jika tidak ada bisa anda tambahkan ip interface hotspotnya.


Setting Range yang akan di berikan kepada DHCP Server.


Menentukan SSL certifikat pilih saja none.


Karena tidak disediakan SMTP server maka langsung aja klik Next.


DNS Server bisa anda isi dengan DNS ISP atau DNS google, tapi saya menggunakan IP Mikrotik karna hanya buat tutorial aja.


DNS Name, jika anda mengisinya ketika seseorang ingin menggunakan internet maka akan di alihkan dulu ke halaman DNS Name tersebut.


Username dan password yaitu untuk login ke jaringan Hotspot anda.


Selesai sudah konfigurasi Hotspot.


Untuk membuktikannya bisa anda mengunakan IP DNS name anda sebelumnya anda tambahkan sebelumnya dan Loginlah dengan username serta password yang telah anda konfigurasi sebelumnya !


Ok berakhirlah sudah konfigurasi Hotspot pada mikrotik, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih jika ada salah dalam tutur kata saya, saya minta ma'af.

Salam OneClikFriend, Semoga bermanfaat !!!!

Wassalam.



Komentar