Langsung ke konten utama

DHCP Server Pada Mikrotik

Assalamu'alaikum wr wb

     Sekarang ini saya mau posting tutorial membuat Dhcp Server pada Mikrotik. Jadi, yang belum tau sekarang saya kasih tutorialnya :)


             Dhcp berfungsi untuk memberikan Ip secara otomatis kepada client yang menggunakan DHCP Client. Jadi kita juga Setting DHCP Client juga tapi tunggu Saja pada Tutorial berikutnya tentang DHCP Client sekarang kita konfigurasi DHCP Server dulu. Jika kita menggunakan DHCP Server maka kita harus memberikan Ip secara Static kepada Client.

Untuk Konfigurasinya seperti berikut !

IP> DHCP Server> DHCP Setup  

Select DHCP Server interface yaitu pilih interface yang akan anda beri Dhcp Server !


DHCP Address Space yaitu IP jaringan yang ingin di beri DHCP  !


Gateway For DHCP Network yaitu Gateway yang di pakai jaringan tersebut. Gateway yang di pakai adalah IP Mikrotik tsb.


Addresses to Give Out yaitu Range Ip yang di berikan pada Client !


DNS Server pada tabel ini saya isi IP Mikrotik tapi juga boleh tidak di isi.


Lease Time yaitu Masa berlaku IP pada suatu PC.


Dan Selesai sudah Konfigurasi DHCP Server Pada Mikrotik. 
Untuk konfigurasi terakhirnya tinggak anda klik OK. Perhatikan gambar berikut :)


Ok, Itulah Tutorial saya tentang konfigurasi DHCP Server pada Mikrotik. Kalau ada Kesalahan tutur kata saya. Saya minta ma'af dan terima kasih atas kunjungannya 

Semoga  Bermanfaat !!!!!

Wassalam.

Komentar