Langsung ke konten utama

Pengertian Jaringan Komputer Dan jenis-jenis Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kali ini saya memposting dan menjelaskan tentang Jaringan Komputer berikut penjelasannya brother and sister  :) !Ok, Lansung aja ke pokok permasalahannya yang pertama, Penjelasan tentang Jaringan komputer !



Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan adalah dua buah komputer atau sekelompok komputer yang saling terhubung satu sama lain, dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media, sehingga dapat berbagi informasi, program, penggunaan perangkat keras, seperti printer, hardisk dll.

Dengan adanya jaringan komputer, penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri, kini sudah diganti dengan satu atau sekelompok komputer yang terpisah sekarang sudah bisa saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer 

Berdasarkan area luas dan skala cakupannya, jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis, LAN, MAN, WAN, dan Internet.

Berikut pembahasannya :

LAN (Local Area Network) yaitu Sekumpulan komputer yang berada di area yang tidak luas, seperti kantor milik pribadi dan di sebuah perusahaan kecil atau menengah. Cakupan atau jangkauan dari jaringan LAN biasanya hanya beberapa kilometer.

Penggunaan jaringan LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik agar dapat saling bertukar informasi serta pemakaian bersama sumber daya, seperti pemakaian dari printer dalam sebuah ruangan.

MAN (Metropolitan Area Network) pada dasarnya MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan terknologi yang sama dengan LAN. Cakupan darin jaringan MAN seperti menghubungkan kantor-kantor yang berdekatan dalam sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. Jaringan MAN mampu menunjang data dan suara, Bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

WAN (Wide Area Network) yaitu jaringan komputer yang cakupan lebih luas daripada MAN. Cakupan dari jaringan WAN meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan satu benua sekaligus. Metode yang digunakan pada jaringan WAN hampir sama dengan jaringan LAN dan MAN.

Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia, sehingga cakupannya sudah mencapai satu planet bahkan tidak menutup kemungkinan mencakup antarplanet. Koneksi jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan yang khas dari Internet Protokol (IP).

Itulah Sekilas tentang jenis-jenis jaringan, sekarang penjelasan tentang Topologi Jaringan Komputer Ok berikut penjelasan tentang topologi Jaringan Komputer !

Topologi Bus

Topologi ini cuma menggunakan  satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua unjung kabel coaxial harus menggunakan di akhiri oleh Terminator.

Topologi Star

Topologi jenis ini sama seperti namanya star yang yang artinya Bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub/switch dengan kabel UTP, sehingga Hub/Switch menjadi pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data. Contoh : Jika salah satu komputer mengirim data ke komputer lain maka data tersebut harus melalui Hub/switch sebelumnya sampai ke komputer tujuan.

Topologi Ring 

Pada Topologi Ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali ke komputer pertama, sehingga topologi ini berbentuk lingkaran.


Topologi Mesh

Topologi Jenis ini dimana setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dengan menggunakan kabel tunggal, proses pengiriman data untuk sampai ke komputer tujuan tidak menggunakan  Switch/Hub.

Topologi Tree

Topologi Tree merupakan gabungan dari Topologi Star yang dihubungkan dengan topologi dengan topologi Bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi Bus, dalam Topologi Tree biasanya ada beberapa tingkatan jaringan,jadi jaringan yang berada pada tingkatan tinggi bisa mengontrol jaringan pada tingkat rendah.

Ok, Sekian penjelasan saya tentang jaringan komputer dan kurang lebihnya saya minta ma.af sebesar-besarnya.

Wassalam.
 

Komentar