Langsung ke konten utama

Pengertian Nano Dan Perintah - Perintah Dasarnya


Assalamu'alaikum wr wb.

Postingan saya kali ini mengenai editor nano yang terdapat pada sistem operasi linux, pada postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana mengoperasikannya dan memberikan perintah-perintah menjalankan editor nano. Sekarang lanjut apa itu nano ?


Pengertian editor nano

Nano adalah sebuah kutukan berbasis editor teks untuk Unix dan Unix-seperti sistem. ini merupakan tiruan dari pico, editor dari pine klien email.

Sekarang saya memberikan perintah di editor nano dan penjelasannya !

Berikut perintah-perintah editor nano !


1. ^G (CTRL+G) Yaitu perintah untuk meminta bantuan editor nano.


2. ^X (CTRL+X) Yaitu perintah untuk keluar dari Editor nano


Ada 3 pilihan yaitu : 
^Y yaitu menyimpan 
^N yaitu tidak menyompan 
^C yaitu kembali ke editor nano

3. ^O (CTRL+O) yaitu perintah untuk menyimpan atau menulis file ke disk.


4. ^J (CTRL+J) yaitu perintah untuk meratakan paragraf.


5. ^R (CTRL+R) yaitu perintah menambahkan file lain yang ke dalam file yang sedang digunakan.


6.^W (CTRL+W)  yaitu perintah untuk mencari kalimat atau string.


7. ^Y (CTRL+Y) yaitu pergi ke halaman sebelumnya.


8 ^V (CTRL+V) yaitu pergi ke halaman berikutnya, merupakan kebalikan dari ^Y.


9. ^K (CTRL+K) yaitu perintah untuk memotong baris saat ini dan menyimpannya di dalam cutbuffer.


10. ^U (CTRL+U) yaitu perintah untuk uncut dari cutbutffer ke baris saat ini.


11. ^C (CTRL+C) yaitu untuk menampilkan posisi kursor.


12. ^T (CTRL+T) yaitu perintah untuk invoke pemeriksa ejaan, jika tersedia.


Sekian dari saya tentang perintah-perintah Editor nano kurang lebih saya minta maaf.

"ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH"

Komentar