Langsung ke konten utama

Pengenalan perangkat komputer

Assalamu'alaikum wr wb. 


Perangkat komputer terdiri dari 3 perangkat yaitu Software,Hardware, dan Brainware. 

Baiklah langsung saja saya bahas tentang 3 perangkat komputer tersebut !

Software 

Software atau perangkat lunak merupakan sebuah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program dari komputer, dokumen, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. 



Untuk pembuatan perangkat lunak tersebut kita memerlukan " bahasa pemograman" yang ditulis oleh seorang pemograman untuk selajutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang dapat dikenali oleh perangkat keras (hardware). 

Perangkat lunak seperti windows dan linux bisa di sebuat nyawa komputer, tanpa adanya sistem operasi tersebut maka komputer tidak bisa digunakan. Perangkat lunak dari biasanya tersimpan pada partisi C, jika komputer mengalami masalah maka partisi C lah yang terkena imbasnya. Perangkat lunak lainnya seperti VirtualBox, Winbox, Packet Tracer, juga tersimpan pada partisi C. Jika aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan secara maksimal dapat di uninstall dan diinstall ulang. 

Data-data lain seperti foto, musik, atau dokumen, lebih bai disimpan pada partisi D sehingga saat software terkena virus atau tidak berjalan dengan baik maka kita dapat install ulang tanpa kehilangan data tersebut.


Hardware


Perangkat keras (Hardware) merupakan seluruh bagian fisik dari komputer, dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang dapat di operasikan di dalamnya, dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam melakukan tugasnya.

Batas antara perangkat lunak dan perangkat keras akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware merupakan perangkat lunak yang dibuat ke dalam perangkat keras. Fimware adalah wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang di ketahui oleh pengguna pada umumnya.

Contoh-contoh dari perangkat keras atau bagian fisik dari sebuah komputer terdiri dari bagian berikut :

RAM (Random Access Memory)
ROM (Read Only Memory)
Hardisk
Keyboard
Mouse
Dll.

Software dan Hardware tidak akan berguna jika tidak ada brainware.
Apa itu Brainware ?

Brainware 

Brainware merupakan orang yang dapat mengopersikan komputer, atau orang yang menggunakan komputer. Jadi, untuk memanfaatkan komputer secara optimal diperlukan orang-orang yang ahli dalam mengoperasikan komputer. 

Menurut penilitian pamakai komputer dibagi beberapa bagian diantaranya :

Programmer
Merupakan orang yang menguasai bahasa pemograman atau bahasa komputer untuk bisa berkomunikasi dengan komputer sehingga dapat memanfaatkan komputer untuk kebutuhan secara optimal.

Data Entry Operator 
Merupakan orang yang ahli dalam program aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Keahlihan yang umumnya dimiliki adalah mampu mengoperasikan komputer dan alat pendukungnya, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan mampu mengarsipkan data ke media penyimpanan komputer.

Analysis System 
Merupakan orang yang berperan untuk menganalisa permasalahan yang dihadapi dalam suatu sistem serta mencari solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.



EDP manager 
Merupakan orang yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap jaringan komputer dan memelihara perangkat keras komputer pada suatu perusahaan.
  
Jadi, perangkat komputer itu sangat penting dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.
     

Komentar